Gurihnya Ikan Kue Bakar Sambal Bawang Ala Bu Ella

id Ikan kue bakar, sambal bawang

Gurihnya Ikan Kue Bakar Sambal Bawang Ala Bu Ella

Ikan bakar kue sambal bawang siap dinikmati dengan lalapan dan beberapa makanan pendamping lainnya (Endang Sukarelawati)

Aroma bakaran ikan menyeruak menusuk hidung, sedap-sedap nikmat. Apalagi aroma khas ikan laut siap santap sudah tersaji di depan mata.

Tidak perlu ikan laut yang berharga mahal, karena ikan laut berjenis apapun jika diolah dengan bumbu yang "lekoh" (tidak irit bumbu dan banyak) akan mengalahkan rasa ikan yang berharga mahal. Cukup ikan kue (ikan kakap putih) berukuran sedang (sekitar 2 kg), bisa dinikmati bareng-bareng.

Ikan terasa gurih dan nikmat di lidah.  Apalagi baru turun dari kapal nelayan yang kembali ke darat dari melaut, gurihnya sangat terasa. Bahkan dibakar tanpa bumbu, hanya dengan kecap manis dan garam pun sudah terasa nikmatnya. Apalagi jika dibumbui lengkap, maka akan semakin menambah cita rasanya.

Ikan kue (kakap putih) segar banyak dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendangbiru, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.  Rasanya begitu nikmat, baik sebagai lauk nasi atau dimakan dengan sambal dan lalapan mentah seperti mentimun, tomat, daun kemangi, kacang panjang, atau selada.

Sambal bawang pedas resep Bu Ella  tidak seperti yang dijual di warung-warung. Sambal bawang pedas buatan Bu Ella terasa lain karena ada rempah-rempah yang menjadikan cita rasa enak. Ada rasa sedikit campuran lada putih, lengkuas yang diiris, serta kecap manis secukupnya.
    
Irisan lengkuas dan lada putih serta siraman kecap manis menjadi pembeda dari sambal-sambal ikan bakar lainnya. Jika pada umumnya sambal ikan bakar terbuat dari irisan cabai, bawang merah yang dicampur dengan kecap manis, sambal buatan bu Ella bumbunya lebih lengkap.

Untuk mendapatkan bakaran yang merata dan matang, ikan kue bakar seberat 2 kilogram itu di kedua sisinya dibelah-belah. Selain itu agar bumbunya bisa meresap. Memang, ikan bakar buatan Bu Ella ini selain lezat, harganya pun tidak terlalu mahal. Dengan berat ikan dua kilogram konsumen hanya membayar kurang dari Rp200 ribu.

Padahal, ikan bakar yang sudah dilengkapi dengan lalapan, sayur asem, tahu dan tempe goreng, serta sambal bawang ala Bu Ella itu bisa dinikmati oleh 10-12 orang.

Untuk harga ikan kue segar yang masih mentah (baru dari laut dan masih di TPI)  rata-rata Rp70 ribu sampai Rp75 ribu per kilogram. Jika ingin menghemat, bisa masak (membakar) sendiri dengan bumbu lengkap atau sesuai selera, termasuk sambal pendampingnya.

Agar lebih nikmat, usai makan ikan bakar kue yang lengkap dengan lalapan dan sayuran itu ditutup dengan minum degan (kepala muda) hijau, bisa tanpa es atau dengan es.(*)   
 

 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar