Polda Jatim perintahkan jajarannya buat Gapura Cinta Negeri

id Polda jatim,Polres, polsek, gapura cinta negeri

Polda Jatim perintahkan jajarannya buat Gapura Cinta Negeri

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan (kiri) menunjukkan Gapura Cinta Negeri yang dibuat oleh Polda Jatim. (Humas Polda Jatim)

Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur memerintahkan seluruh jajarannya hingga tingkat polsek untuk membuat Gapura Cinta Negeri guna memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda setempat, Jumat, mengatakan ada 646 polsek dari 39 polres di jajaran Polda Jatim yang turut membuat gapura.

"Terkait dengan kemerdekaan, kami menginstruksikan seluruh jajaran membuat Gapura Cinta Negeri, di mana ada 646 polsek membangun gapura, ada 39 polres dan polda semuanya membangun gapura dalam rangka ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan," kata Luki.

Dia menjelaskan gapura ini memiliki makna sebagai pintu gerbang untuk menuju sumber daya manusia (SDM) unggul demi menuju Indonesia yang maju. Nantinya, gapura tersebut juga akan dilombakan.

"Ibu Gubernur sudah menginstruksikan ke seluruh jajaran di Jawa Timur akan dilombakan dan seluruh Polda Jawa Timur menyertakan Polsek maupun Polres untuk ikut berlomba. Pada upacara 17 Agustus akan ada penghargaan gapura terbaik," ujarnya.

Lebih lanjut, Luki mengatakan pembuatan gapura ini juga untuk membangkitkan lagi semangat membuat gapura yang kini mulai memudar.

"Filosofi gapura ini gapura kan sebagai pintu gerbang yang mana dari dulu kita masih kecil, hampir di setiap pesta kemerdekaan selalu ada gapura. Sekarang ini kan sudah mulai punah dan memudar, mungkin ini pemerintah dengan adanya gapura setiap ini agar gapura dihidupkan kembali dan ini sangat baik," katanya.

Dari lomba gapura ini, Luki berharap akan terimplementasi pada kehidupan sehari-hari, seperti meningkatkan profesionalisme dan SDM di Polri.

"Polri ke depan akan mengutamakan SDM agar lebih profesional dalam menangani permasalahan dan betul sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dan tidak ada lagi Polri berbuat seenaknya dan sudah ada aturan. Kita bisa melihat ke depan ini akan semakin baik, terlihat dengan personil-personil semakin tahun, tingkat pelanggaran semakin berkurang dan keberhasilan-keberhasilan dalam pengungkapan kasus juga semakin meningkat," kata dia.
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar