KPU Kabupaten Nganjuk Siapkan 4.500 Kotak Suara untuk Pilkada 2018

id pilkada kabupaten nganjuk,kotak suara nganjuk,pilkada 2018,Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Agus Rahman Hakim

KPU Kabupaten Nganjuk Siapkan 4.500 Kotak Suara untuk Pilkada 2018

Proses pembersihan kotak suara di Kantor KPU Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Antara Jatim/ Asmaul Chusna

Kami sudah selesai melakukan perbaikan kotak suara. Ada 4.500 kotak suara yang kami siapkan untuk pilkada
Nganjuk (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyiapkan 4.500 kotak suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang akan berlangsung serentak, 27 Juni.

"Kami sudah selesai melakukan perbaikan kotak suara. Ada 4.500 kotak suara yang kami siapkan untuk pilkada," kata Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Agus Rahman Hakim di Nganjuk, Kamis.

Sebelumnya, telah dilakukan proses pembersihan, sebab kotak suara yang ada adalah bekas. Kotak suara itu dimanfaatkan di pilkada sebelumnya, sehingga masih ada beberapa kertas yang menempel, sehingga perlu dibersihkan.

Agus juga mengungkapkan kotak suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kabupaten Nganjuk, jumlahnya juga sudah mencukupi. KPU tidak melakukan pengadaan kotak suara lagi, sebab mayoritas kondisi kotak suaranya masih bagus.

"Kami tidak melakukan pengadaan lagi, memanfaatkan yang masih ada. Sebab, kotak suaranya masih banyak yang bagus," katanya.

Dirinya juga mengungkapkan, nantinya setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan disediakan dua kotak suara. Masyarakat bisa lebih cepat menyalurkan hak suaranya dan tidak perlu antre yang terlalu panjang.

Ia juga menambahkan, KPU saat ini juga masih melakukan perekrutan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan ditempatkan di 20 kecamatan. Saat ini, masih proses pendaftaran dan diharapkan nantinya hingga akhir Mei 2018, proses perekrutan bisa selesai.

KPPS, lanjut dia, nantinya akan membantu kinerja KPU dalam proses pemilihan, saat pencoblosan, hingga proses rekapitulasi surat suara.

Di Nganjuk, ada dua agenda bersamaan, yaitu Pilkada Kabupaten Nganjuk untuk memilih calon Bupati dan calon Wakil Bupati Nganjuk, serta Pilkada Jatim, memilih calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jatim.

Untuk KPPS yang direkrut, Agus mengatakan, ada hingga lebih dari 14.500 KPPS. Mereka akan ditempatkan pada 2.079 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kecamatan Kabupaten Nganjuk. Proses perekrutan juga dilakukan secara terbuka.

Jumlah DPT Kabupaten Nganjuk yang akan ikut Pilkada 2018 adalah 848.567 pemilih yang tersebar di 20 kecamatan wilayah Nganjuk. Dari jumlah DPT itu, jumlah pemilih laki-laki mencapai 423.321 pemilih sedangkan sisanya adalah perempuan.

Pilkada Kabupaten Nganjuk 2018 diikuti tiga pasangan calon, yaitu nomor urut 1, Novi Rahman Hidayat-Marhaen Djumadi, lalu pasangan calon nomor urut 2, Siti Nurhayati-Bimantoro Wiyono dan pasangan calon nomor urut 3, Desy Natalia Widya-Ainul Yakin. (*)

 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar