Dinkes Kota Madiun imbau warga waspadai penyakit diare

id Penyakit diare,pemberantasan diare,musim hujan,diare dan DB,kebersihan lingkungan,sanitasi,pemberanasan sarang nyamuk

Dinkes Kota Madiun imbau warga waspadai penyakit diare

ILustrasi - Penderita Diare

Untuk menghindari diare, harus diperhatikan pola makan dan kebersihan lingkungan
Madiun (ANTARA) - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun, Jawa Timur, mengimbau warga setempat untuk mewaspadai munculnya penyakit diare selama musim hujan berlangsung, karena penyakit itu bisa mengakibatkan dehidrasi yang berbahaya bagi jiwa.

"Musim hujan, selain demam berdarah, yang patut diwaspadai adalah penyakit diare. Untuk menghindari diare, harus diperhatikan pola makan dan kebersihan lingkungan," ujar Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun dr Sulistya Wardani di Madiun, Kamis.

Menurut dia, penyakit diare sangat berkaitan dengan pola makan, sehingga warga diminta memperhatikan makanan yang dimakan.

"Makanan yang dimakan harus betul-betul sehat. Hendaknya yang tidak dimasak dengan baik, kurang aman, dan kurang cocok dengan kondisi tubuh, dihindari," kata dia.

Kondisi musim hujan juga memerlukan stamina tubuh yang baik, sehingga pola makan juga harus dijaga. Warga juga diminta tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Makan makanan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak membuang sampah sembarangan juga bisa mencegah seseorang terkena diare," kata Wardani.

Ia menjelaskan, anak-anak yang paling rawan terkena penyakit diare, terlebih balita, karena daya tahan tubuh anak masih rentan dan lemah. Para orang tua diminta tanggap dalam menjaga asupan makanan yang diberikaan kepada balitanya. 

Sulistya juga berharap agar seluruh warga di Kota Madiun dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Selain diare, penyakit pada musim hujan yang sering menyerang adalah demam berdarah dan ISPA.

Warga juga diimbau sering melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, dan menimbun, serta menjaga sanitasi lingkungan. (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar