Wartawan-Polisi Bersinergi Sambut HPN 2019 di Pamekasan

id HPN 2019 Pamekasan,PWI Pamekasan,Hari Pers Nasional

Wartawan-Polisi Bersinergi Sambut HPN 2019 di Pamekasan

Bhakti sosial donor darah kerja sama wartawan dan Polres Pamekasan dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2019. (Abd Aziz)

Pamekasan (Antaranews Jatim)  - Wartawan dan personel Polres Pamekasan, Jawa Timur, bersinergi menyambut Hari Pers Nasional (HPN) dengan menggelar bakti sosial donor darah di mapolres setempat, Sabtu.

"Sinergi antara polisi dengan rekan-rekan wartawan pada HPN kali ini, karena kita merupakan mitra dan kami harapkan kedepan kemitraan antara wartawan dengan polisi bisa lebih baik," kata Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo.

Selain polisi, personel TNI dari Kodim 0826 Pamekasan juga bergabung dalam aksi donor darah itu.

Kapolres mengharapkan, kemitraan antara Polres Pamekasan dengan wartawan bisa terbangu dengan baik, terutama dalam ikut memerangi berita bohong yang kini banyak beredar di media sosial.

"Kami percaya, wartawan profesional yang memiliki komitmen pada kebenaran tidak akan ikut menyebarkan berita bohong yang berpotensi memicu perpecahan," katanya.

Kapolres dalam kesempatan itu juga mengajak, insan pers hendaknya bisa membantu aparat dalam mewujudkan situasi yang kondusif menjelang pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar 17 April 2019.

Berita yang valid dan berimbang, menuruta dia, merupakan kunci terwujudnya iklim demokrasi yang demokratis, sehingga pers mampu menempatkan peran yang semestinya dalam memberikan informasi yang mendidik dan tidak provokatif.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Pamekasan Syamsuddin berterima kasih atas terselenggaranya acara HPN yang merupakan kerja sama antara wartawan Pamekasan dengan Polres Pamekasan.

"Kami mengawakili PWI dan seluruh jurnalis yang ada di Pamekasan menyampaikan terima kasih atas kepedulian institusi Polres Pamekasan di ikut memeriahkan Hari Pers Nasional, semoga kemitraan yang baik dalam rangka membangun iklim pers yang bersahabat ini, akan terus kita jalin, untuk mendukung program pemerintah yang lebih baik kedepan," katanya.

Wartawan Koran Harian Bangsa ini juga mengajak kepada semua insan pers agar meningkatkan profesionalisme dengan mengedepakan pemberitaan yang mendidik dan mencerahkan.

"Mengkritik untuk kebaikan bersama dipersilahkan, karena memang itu peran pers. Tapi mengkritik tanpa solusi, itu namanya tidak bertanggungg jawab. Yang kita inginkan adalah kritik yang bertanggung jawab, karena ini hakikat peran dari institusi kontrol kita sebagai pers," katanya, menjelaskan.

Bhakti sosial berupa donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar PWI Pamekasan bersama paguyuban wartawan lokal di Pamekasan.

Jenis kegiatan lainnya adalah dialog publik, seminar pers tentang produk jurnalistik wartawan Pamekasan, serta pelatihan dan pendidikan jurnalistik.

Semua rangkaian kegiatan terkait HPN 2019 ini, akan ditutup dalam bentuk kegiatan malam resepsi HPN 2019 yang akan digelar pada minggu pertama April 2019. (*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar