Bupati Emil Lantik Pejabat Sekda Trenggalek Baru

id sekda trenggalek, trenggalek, emil

Bupati Emil Lantik Pejabat Sekda Trenggalek Baru

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak (kiri) menyalami Pj Sekda Trenggalek Pariyo (kanan) usai pelantikan di Pendopo Trenggalek, Rabu (8/8) (IST/Foto Humas Pemkab Trenggalek)

"Pak Kusprigianto harus meninggalkan tempat untuk jangka waktu yang panjang, dalam rangka menjalankan ibadah haji dan tentunya kami mencari sosok pejabat yang bisa menjalankan tugas ini dengan baik," katanya.
Trenggalek (Antaranews Jatim) - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak akhirnya mengangkat pejabat sekretaris daerah yang baru menggantikan Plt Sekda Trenggalek, Kusprigianto yang berhalangan karena sedang menjalankan ibadah haji.

Kasubbag Humas Pemkab Trenggalek Agus Wiyono, Jumat mengungkapkan, kursi pejabat sekda kini diserahkan kepada Pariyo yang sebelumnya menjabat sebagai kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah).

Prosesi pelantikan disebut Agus telah dilakukan pada Rabu (8/8), bersamaan dengan mutasi sejumlah pejabat eselon II lain, dipimpin oleh Bupati Emil Dardak dan disaksikan oleh Wabup Mochammad Nur Arifin serta sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD).

"Pengangkatan ini (Pejabat Sekda) untuk mengefektifkan kinerja dan administrasi pemerintahan," kata Bupati Emil, menjelaskan.

Pejabat yang diambil sumpahnya ini meliputi pejabat sekretaris daerah dan pejabat fungsional pengawas penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah (P2UPD) di lingkup Pemkab Trenggalek.

Sekda Trenggalek sebelumnya dipegang Ali Mustofa, juga mantan Kepala BKD Trenggalek periode 2005-2009.

Karir Ali Mustofa yang bertipikal kalem dalam hal komunikasi ini melonjak sehingga dia dipromosikan menempati pos Sekda Trenggalek sejak 2010-an hingga 2016.

Namun karena faktor usia dan telah mendekati masa purna tugas, Ali Mustofa yang sempat terjerat sejumlah kasus memutuskan untuk mengajukan MPP (masa persiapan pensiun).

Di awal pemerintahan Emil-Arifin pada 2017, Ali benar-benar memasuki masa MPP dan posisinya dirangkap oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek Kusprigianto dengan status pelaksana tugas (Plt).

"Pak Kusprigianto harus meninggalkan tempat untuk jangka waktu yang panjang, dalam rangka menjalankan ibadah haji dan tentunya kami mencari sosok pejabat yang bisa menjalankan tugas ini dengan baik," katanya.

Soal penunjukkan Pariyo, Emil menjelaskan bahwa kepala BKD itu merupakan sosok tepat untuk menempati posisi pejabat sekda.

Selain sosoknya yang sudah senior, Pariyo dianggap memahami berbagai aspek pemerintahan dan kami meyakini ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Sebagai Kepala BKD, Pak Pariyo ini sebenarnya mengusulkan beberapa nama lain.

Namun dari hasil berembug para Kepala OPD inti dan pertimbangan dari banyak hal dalam kaitannya bagaimana Pemerintahan ini bisa berjalan dengan lancar, kerjasama OPD berlangsung dengan baik.

"Dari telaahan tersebut, sosok Kepala BKD inilah yang tepat untuk menjalankan tugas tersebut," kata Emil yang juga Waketum APKASI tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar