Kapolda pantau pilkades serentak di Pamekasan

id Pilkades serentak, Pilkades Pamekasan

Kapolda pantau pilkades serentak di Pamekasan

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat memantau pilkades serentak di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Rabu (11/9/2019). ANTARA/Abd Aziz

Pamekasan (ANTARA) - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan memantau secara langsung pelaksanaan pemilihan kepada desa (pilkades) serentak di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu.

Kapolda Luki datang ke Pamekasan dengan menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan SMA Negeri 3 Pamekasan sekitar pukul 09.30 WIB.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Kapolres AKBP Teguh Wibowo menjemput kedatangan orang nomor 1 di Mapolda Jatim itu bersama Forkopimda Pamekasan.

Rombongan selanjutnya memantau pelaksanaan pilkades di Desa Samatan, Kecamatan Proppo.

Di tempat pemungutan suara di desa ini, Kapolda Luki mengamati secara saksama proses pemungutan suara dan sempat berbincang dengan panitia pelaksana pemilihan.

"Mari kita jaga bersama keamanan di sini, agar situasi tetap kondusif," ujar dia.

Pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur kali ini digelar di 91 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

Sebanyak 235 orang dari 91 desa bersaing memperebutkan dukungan masyarakat untuk menjadi kepala desa pada pelaksanaan pilkades kali ini.

“Bupati Baddrut Tamam bersama Forkopimda Pemkab Pamekasan juga akan melakukan pemantauan dan sekaligus mendampingi Kapolda Jatim dalam kunjungan itu.

Pelaksanaan pemungutan suara di masing-masing desa pada pilkades serentak kali ini mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Jumlah personel yang diterjunkan Polres Pamekasan guna mengamankan pelaksanaan pilkades kali ini 4.760 anggota, gabungan dari berbagai satuan.

Para personel yang bertugas melakukan pengamanan pada pelaksanaan pilkades serentak itu berasal dari berbagai unsur. Masing-masing dari anggota Polres Pamekasan sebanyak 689 orang dan bantuan dari polres jajaran 1.503 orang dan Brimob Polda Jatim sebanyak 600 orang, serta BKO Escape Brimob 12 orang.

Pasukan itu juga diperkuat dari pasukan antianarkis sebanyak 60 orang, Sabhara 100 orang, dan pasukan pengurai massa dari Polda Jatim 30 orang, termasuk 12 anggota intel.

“Dari Polda Jatim juga ada sebanyak 12 orang dari Ditreskrim Umum dan Propam Polda Jatim sebanyak lima orang,” kata Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo.

Personel dari instansi lain yang juga diterjunkan pada pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa itu, dari TNI sebanyak 1.100 personel, Satpol PP Pemkab Pamekasan sebanyak 182 orang dan Linmas 455 orang. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar