Jalur Lintas Selatan Banyuwangi-Jember Akan Dirampungkan (Video)

id jalur lintas selatan, banyuwangi, bupati anas, jalan tol,jalur lintas selatan jember,jls jember,jember-banyuwangi,jls banyuwangi,jls jatim

Jalur Lintas Selatan Banyuwangi-Jember Akan Dirampungkan (Video)

Menteri BUMN Rini M Soemarno bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau Pabrik Cokelat Kendeng Lembu PTPN XII Banyuwangi. Sabtu (16/2/19) (Antarajatim/ Novi H)

Seperti pak bupati (Bupati Anas) katakan JLS tinggal 12 kilometer dibangun sudah sambung ke Jember, oleh karena itu saya masih mau membicarakan dengan Menteri PUPR apakah langsung (bangun jalan tol Probowangi) atau merampungkan JLS, sebab pembangunan jalan tol kan membutuhkan waktu dua tahun
Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur, direncanakan akan segera dirampungkan mengingat Jalur utama yang melewati Gunung Gumitir sudah mulai padat dan bahkan kerap terjadi kemacetan.

"Tadi disampaikan oleh pak bupati (Bupati Anas) untuj melanjutkan pembangunan Jalur Lingkar Selatan tinggal menambah 12 kilometer lagi dari Banyuwangi selatan sudah sambung dengan Jember," kata Menteri BUMN Rini M Soemarno di sela peresmian Pabrik Cokelat Perkebunan Kendeng Lembu PT Perkebunan Nusantara XII di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu.

Menurut Menteri Rini, pihaknya akan menyampaikan dan membicarakan perampungan Jalur Lintas Selatan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Dan melihat kemungkinannya, kata dia, pembangunan perampungan Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan Jember dengan Banyuwangi lebih didahulukan dan sehingga JLS segera tersambung.

"Seperti kemarin saya melewati jalan utama di Gunung Gumitir macetnya bukan main dan sangat padat, jadi kalau JLS ditambah (dirampungkan) kemacetan akan berkurang," ucapnya.

Terkait dengan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi  (Probowangi), lanjut Menteri Rini, kalau melalui Situbondo memang akan melewati kawasan Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran.

"Jalan tol kalau melalui Situbondo memang lewat kawasan latihan Marinir, oleh karena itu, untuk keamanan nantinya jalan tol dibuat panel (semacam terowongan) untuk keamanan," paparnya.

Namun demikian, ia menambahkan, pihaknya masih akan membicarakan pembangunan jalan tol Probowangi dan Jalur Lintas Selatan dengan Menteri PUPR.

"Seperti pak bupati (Bupati Anas) katakan JLS tinggal 12 kilometer dibangun sudah sambung ke Jember, oleh karena itu saya masih mau membicarakan dengan Menteri PUPR apakah langsung (bangun jalan tol Probowangi) atau merampungkan JLS, sebab pembangunan jalan tol kan membutuhkan waktu dua tahun," katanya. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar