Tim Sapuangin ITS Belajar di Markas Ferrari

id Sapuangin, ITS, Ferrari,tim sapuangin ITS,ITS Surabaya,mobil sapuangin ITS

Tim Sapuangin ITS Belajar di Markas Ferrari

Tim Sapuangin ITS melihat berbagai perlengkapan tim Ferrari. (Humas ITS)

Kami banyak mendapat pengetahuan baru mengenai otomotif di sana. Kami juga diajari langsung teknisi tim Scuderia Ferrari yang sudah berpengalaman pada ajang mobil balap Formula 1
Surabaya (Antaranews Jatim) - Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berkesempatan berkunjung dan belajar ke markas Ferrari di Italia, setelah menjadi juara dunia pada ajang Shell Eco-marathon Drivers World Championship 2018 di London.

General Manager ITS Team Sapuangin Mochammad Hafis Habibi dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Selasa, mengatakan timnya sangat antusias dan mendapat banyak pelajaran dari kunjungan tersebut.

"Kami banyak mendapat pengetahuan baru mengenai otomotif di sana. Kami juga diajari langsung teknisi tim Scuderia Ferrari yang sudah berpengalaman pada ajang mobil balap Formula 1 (F1)," katanya.

Mereka berdiskusi langsung tentang beberapa bagian masalah dalam kendaraan, seperta sasis, transmisi dan aerodinamika.

"Setelah itu kami langsung diajak test track di Sirkuit Fiorano yang terletak di belakang markas tim F1 itu," kata Habibi.

Mahasiswa Departemen Teknik Mesin ITS ini juga menceritakan bahwa timnya sempat diajak berkeliling Kota Maranello di Italia dengan menaiki mobil Ferrari GTC4Lusso.

Mobil tersebut dikemudikan test driver Ferrari, Marc Gene, melewati jalanan Kota Maranello yang berliku menuju Museum Ferrari. Di museum itu, ia dan timnya melihat banyak mobil sport produksi Ferrari.

"Kami juga sempat merasakan wahana simulator F1 dan simulasi pitstop juga di sana," ujarnya.

Selain belajar beberapa hal mengenai otomotif sebagai bekal untuk diterapkan langsung di tim ke depannya, Habibi juga menjelaskan bahwa dirinya dan tim juga banyak mendapat pengalaman baru, khususnya dalam hal budaya dan lingkungan di sana.

Kunjungan ITS Team Sapuangin ke markas Ferrari pun mendapatkan sambutan dan apresiasi. Mereka sempat ditanya tentang bagaimana strategi mereka dalam merebut juara pada ajang Drivers World Championship 2018.

Selain itu, mereka juga sempat ditanya mengenai sejauh apa riset ITS Team Sapuangin selama ini dalam mengembangkan mobil hemat energi.

"Sambutan yang hangat itu yang membuat kita merasa sangat diterima baik di sana," tuturnya.

Sebagai simbol apresiasi kepada ITS Team Sapuangin, tim Ferrari memberikan topi yang ditandatangani langsung pembalap F1 Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel saat berlaga di Grand Prix Abu Dhabi. Topi tersebut diberikan kepada mereka saat kunjungan ke Museum Ferrari. (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar