Pejabat Gubernur Berangkatkan Jamaah Calon Haji NTT

id jamaah calon haji, calon haji, jch, calhaj, calhaj ntt, kloter 65,kloter 66, embarkasi surabaya, ppih embarkasi surabaya, asrama haji sukolilo, surabaya, asrama haji surabaya

Pejabat Gubernur Berangkatkan Jamaah Calon Haji NTT

Seorang calon haji menjabat tangan kerabatnya dari balik pagar Asrama Haji Embarkasi Surabaya, menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. (Antara Jatim/ Hanif Nashrullah)

Semoga menjadi haji mabrur
Surabaya (Antaranews Jatim) - Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Robert Simbolon memberangkatkan jamaah calon haji asal provinsi itu dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jawa Timur.

Tahun ini jamaah calon haji asal NTT berjumlah 641 orang. Mereka tergabung dalam kelompok terbang 65 dan 66, yang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Surabaya, Kamis.

Robert berpesan agar warganya yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini dapat meluruskan niat dalam menjalankan rukun Islam kelima sehingga ketika pulang menyandang haji mabrur.

"Karena menunaikan ibadah haji bukan untuk gagah-gagahan, tapi untuk memenuhi panggilanNya. Semoga menjadi haji mabrur," katanya.

Haji mabrur, menurut dia, ketika kembali ke kampung halaman dari Tanah Suci, akan jadi lebih baik hidup dan perilakunya.

"Jaga kesehatan selama di Tanah Suci," tuturnya.

Robert juga berpesan agar jamaah sepulang dari Tanah Suci dapat semakin mempererat tali silaturrahim dengan sesama.

"Pererat tali persaudaraan silaturrahim, tidak saja `ukhuwah islamiyah`, perkuat dengan `ukhuwah wathoniyah` serta `ukhuwah insaniyah`, sehingga islam `rahmatan lil alamin` dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia," ucapnya.

Hingga hari ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sekitar 29 ribu jamaah calon haji asal provinsi Jawa Timur, Bali dan NTT.

PPIH Embarkasi Surabaya masih menyisakan 18 kolter jamaah calon haji yang akan terus diberangkatkan secara bertahap setiap hari hingga 15 Agustus mendatang.

Sejauh ini, hingga keberangkatan kloter 66 di Embarkasi Surabaya, tercatat 6 calon haji dinyatakan gagal berangkat dan harus dipulangkan ke daerah asalnya setelah diketahui hamil.

Dua di antaranya gagal berangkat setelah terdeteksi hamil saat tes kesehatan di daerah asalnya. Empat lainnya diketahui hamil sesaat menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci, yaitu ketika menjalani tes kesehatan terakhir di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. (*)
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar