Konjen Jepang gelar konser AUN J Classic Orchestra di Surabaya

id Aun j classic orchestra, surabaya, untag, konjen jepang

Konjen Jepang gelar konser AUN J Classic Orchestra di Surabaya

Grup musik asal Jepang, AUN J Classic Orchestra saat menggelar konser di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Senin. (Istimewa)

Beda negara, beda budaya dan bahasa, tetapi melalui musik bisa berinteraksi tanpa kendala
Surabaya (ANTARA) - Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya menggelar konser grup musik AUN J Classic Orchestra di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Senin.

AUN J Classic Orkestra yang beranggotakan Ryohei Inoue (Wadaiko), Kohei Inoue (Shinobue) dan Ishigaki Seiyama (Shakuhachi) memainkan beberapa lagu Jepang dan juga lagu-lagu Indonesia, seperti lagu Kicir-kicir.

"Kami membawakan beberapa lagu, ada lagu original, lagu tradisional Jepang dan Indonesia. Salah satu judulnya One Asia," kata Ishigaki Seiyama.

Ishigaki mengatakan, konsernya di Surabaya bertujuan memperkenalkan budaya Jepang melalui alat musik tradisional. Selain itu, pertunjukan berkonsep sederhana dan indah itu digelar agar bisa dinikmati semua kalangan.

"Beda negara, beda budaya dan bahasa, tetapi melalui musik bisa berinteraksi tanpa kendala," kata Ishigaki.

Indonesia bukan tempat asing bagi AUN J Classic Orchestra, karena pada tahun 2015 mereka juga pernah menggelar penampilan musiknya di tiga negara ASEAN, termasuk Indonesia.

"Hari ini ada dua konser di Surabaya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa datang lagi ke Indonesia," ucapnya.

Selain menggelar konser, pada kesempatan itu, AUN J Classic Orchestra juga mengajak siswa maupun mahasiswa yang hadir untuk belajar bermain musik Jepang.

Rencananya, grup musik tersebut juga menggelar konser dan pengenalan budaya serupa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada hari ini dan di Pakuwon Mal Surabaya pada Sabtu (9/3). (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar