BUMN Perkuat Kemitraan Kembangkan Pantai Pulau Merah

id Pulau merah, pariwisata banyuwangi, menteri BUMN, menteri rini

BUMN Perkuat Kemitraan Kembangkan Pantai Pulau Merah

Menteri BUMN Rini Soemarmo dan rombongan serta Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Minggu (30/12/2018). (Istimewa)

Alhamdulillah, setelah pembicaraan dengan teman-teman BUMN, Ibu Menteri BUMN punya komitmen kuat membantu Banyuwangi, termasuk soal pengembangan Pantai Pulau Merah.
Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Menteri BUMN Rini Soemarmo menyatakan sejumlah  badan usaha milik negara akan memperkuat kemitraan dengan warga untuk mengembangkan Pantai Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Menteri BUMN Rini Soemarno di Banyuwangi, Minggu, memastikan pantai yang baru ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional itu bakal dipoles dan ditata lebih elok lagi. BUMN yang dipimpin Perum Perhutani bakal mengembangkan pantai tersebut. 

Rini dengan didampingi Direktur Utama Perhutani Denaldy Mulino Mauna dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi Pantai Pulau Merah dan sejumlah objek wisata di kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu. 

"Kami akan melakukan pengelolaan Pantai Pulau Merah ini dengan memperkuat kemitraan dengan masyarakat sekitar. BUMN telah punya masterplan (rencana induk) yang nantinya bisa disepakati bersama warga," ujar Menteri Rini, melalui staf ahlinya, Wianda Pusponegoro, usai memantau sejumlah titik di Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu pantai menawan di kawasan Banyuwangi sisi selatan yang masuk pengelolaan Perhutani. Pantai berpasir putih itu berhiaskan pulau mungil nan cantik di tengah lautnya.

Pengembangan tersebut, kata Wianda, ditargetkan awal tahun telah bisa dilakukan. "Targetnya pertengahan Januari 2019 ini sudah bisa groundbreaking atau peletakan batu pertamanya," ujarnya dalam keterangan tertulis Pemkab Banyuwangi.

Untuk pelaksanaannya, Kementerian BUMN sudah menetapkan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak di bidang hospitality. "Tinggal koordinasi dengan para pelaku wisata di sini," kata Wianda.

Pada 2019, Perhutani akan membangun fasilitas di Pantai Pulau Merah, antara lain kios UMKM untuk warga sekitar, beach walk, jogging track, dan tempat bermain anak. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam menggerakkan pariwisata daerah.

“Pemerintah pusat, Pak Jokowi, punya concern kuat di bidang pariwisata. Alhamdulillah, setelah pembicaraan dengan teman-teman BUMN, Ibu Menteri BUMN punya komitmen kuat membantu Banyuwangi, termasuk soal pengembangan Pantai Pulau Merah," ujar Anas.

Anas berharap penguatan kemitraan dengan warga mampu menambah kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata. Ini sesuai dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat yang dikembangkan di Banyuwangi. (*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar