Pemprov Jatim Jamin Kebutuhan Korban Gempa di Sumenep

id Jatim, polda jatim, kodam v brawijaya, gempa sumenep

Pemprov Jatim Jamin Kebutuhan Korban Gempa di Sumenep

Gubernur Jatim Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman. (Willy Irawan)

Satu rumah rusak akan menjadi tanggung jawab provinsi. Yang kedua, mereka yang sakit, silahkan tanggung jawab Kabupaten. Bila Pemkab tidak sanggup, Pemprov Jatim siap memberikan jaminan
Surabaya (Antaranews Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan akan menjamin seluruh kebutuhan para korban gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep jika pemerintah daerah setempat tidak sanggup.

"Satu rumah rusak akan menjadi tanggung jawab provinsi. Yang kedua, mereka yang sakit, silahkan tanggung jawab Kabupaten. Bila Pemkab tidak sanggup, Pemprov Jatim siap memberikan jaminan," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Mapolda Jatim di Surabaya, Kamis.

Selain pengobatan korban luka dan biaya berbaikan infrastruktur khususnya rumah tinggal, Pemprov Jatim juga memberikan santunan kepada korban meninggal dunia.

"Tapi lebih daripada itu, kehadiran beliau beliau (Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim, red) memberikan rasa tenang masyarakat, bahwa pemerintah hadir di tempat itu dan menyelesaikan permasalahan di sana," katanya.

Dikatakan Pakde Karwo, semua tim sudah bergerak, segala keperluan logistik untuk keperluan perbaikan rumah juga sudah dikirim. Perbaikan rumah, dibantu langsung oleh prajurit TNI AD dari Pangdam V/Brawijaya.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan anggotanya telah berada di Pulau Sapudi untuk melakukan pendataan, baik korban maupun infrastruktur yang mengalami kerusakan.

"Kodimnya kan ada di Sumenep, di Pulau Sapudi ada Koramil di sana, ada Babinsa di sana. Dari Sumenep telah diberangkatkan 20 orang ke sana," ujarnya.

Gubernur Soekarwo sendiri bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman bertolak dari Mapolda Jatim ke Sumenep sekitar 09.30 WIB dengan menggunakan helikopter.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar