165 Wisman Kunjungi Keraton Sumenep (Video)

id wisman ke sumenep, wisman ke keraton sumenep, wisman ke pantai sembilan, disparbudpora sumenep

165 Wisman Kunjungi Keraton Sumenep (Video)

Sejumlah wisman mengabadikan penari topeng di areal dalam Keraton Sumenep, Sabtu (25/11). (Slamet Hidayat)

Sumenep (Antara Jatim) - Sebanyak 165 wisatawan mancanegara dari berbagai negara kembali mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu.

"Ini kunjungan rombongan wisman terakhir yang ke Sumenep atas fasilitasi perwakilan salah satu biro perjalanan wisata internasional pada tahun ini," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep.

Mereka datang ke Sumenep dengan naik kapal pesiar dan sandar di sekitar Perairan Kalianget dan selanjutnya ke kawasan Keraton Sumenep di Kecamatan Kota dengan naik bus.

Kedatangan mereka langsung disambut kelompok musik kontemporer "ul-daul" di kawasan Taman Adipura dan selanjutnya jalan kaki ke Keraton Sumenep yang berjarak sekitar 300 meter.

Begitu tiba di areal dalam Keraton Sumenep, ratusan wisman tersebut disambut dengan tarian tradisional khas Sumenep, Tari Topeng .

Setelah itu, mereka disuguhi makanan kecil dan minuman khas Sumenep, di antaranya apen, rengginang, dan "poka'" (minuman).

Selain Keraton Sumenep, mereka berencana berkunjung ke Pantai Sembilan di Kecamatan Giligenting dan Pantai Pulau Gililabak di Talango.

"Alhamdulillah, perwakilan salah satu biro perjalanan wisata internasional yang menjadi mitra kerja kami tersebut menyatakan paket kunjungan wisata ke Sumenep mendapat respons positif dari kliennya," kata Sofi, sapaan Sufiyanto.

Selanjutnya, mereka tetap akan memprogramkan atau menawarkan paket kunjungan wisata ke Sumenep kepada calon kliennya pada 2018 dan 2019. 

"Insya-Allah, selama dua tahun mendatang tetap akan ada rombongan wisman yang ke Sumenep atas fasilitasi biro perjalanan wisata internasional," ujarnya.

Selama tahun ini terdapat belasan rombongan wisman ke Sumenep atas fasilitasi perwakilan salah satu biro perjalanan wisata internasional dan jumlahnya pada kisaran 90-200 wisman per rombongan. (*)
Video Oleh Slamet Hidayat

Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar