Memesonanya pemandangan dari Batu Pandang Ratapan Angin (Video)

id dieng, telaga warna, Batu Pandang Ratapan Angin

Memesonanya pemandangan dari Batu Pandang Ratapan Angin (Video)

(dok pribadi)

Surabaya (ANTARA) - Banyak objek wisata alam maupun sejarah bisa dinikmati di Dataran Tinggi Dieng. Selain menikmati keindahan panorama, wisatawan juga ingin merasakan udara khas pegunungan yang sejuk pada siang hari dan dingin tatkala malam.

Salah satunya Batu Pandang Ratapan Angin, objek wisata nan-memesona ini seolah menjadi salah satu tujuan yang tidak boleh dilewatkan pengunjung saat berwisata ke Dieng. Pasalnya, di objek wisata yang terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, itu, pemandangan indah tersaji di sana.

Dari batu pandang jadi tempat terbaik wisatawan menikmati eksotiknya Telaga Warna. Lokasi objek wisata ini berada di kawasan bukit tepat sebelah selatan Telaga Warna dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl (meter di atas permukaan laut). Angka tersebut membuat Batu Pandang Ratapan Angin ada di tempat lebih tinggi dari Telaga Warna.

Oleh karena itu, Telaga Warna Dieng (musim kemarau warna cenderung hijau lumut dan hijau cerah) akan terlihat sangat jelas dari ketinggian. Panorama tersebut paling pas dinikmati saat cuaca cerah. Panorama Telaga Warna bukanlah satu-satunya atraksi yang tersaji dari Batu Pandang Ratapan Angin. Tampak pula telaga lain, yakni Telaga Pengilon yang lokasinya bersebelahan.

Satu keunikan panorama kedua telaga tersebut adalah warna airnya yang berbeda, meski bersebelahan. Telaga Warna cenderung lebih hijau, sementara Telaga Pengilon airnya terlihat lebih jernih. Kedua telaga itu hanya dipisahkan oleh daratan kecil yang hanya terlihat di musim kemarau.

Sementara saat musim hujan, daratan kecil itu akan terendam air sehingga kedua telaga akan tampak menyatu. Keunikan lain dari Telaga Warna adalah warna airnya yang kerap berubah. Terkadang warna airnya hijau, tetapi airnya bisa saja berubah menjadi kuning atau malah berwarna-warni seperti pelangi.

Tempat terbaik untuk berfoto ria dan instagramebel, spot foto di Batu Pandang Ratapan angin bukan hanya di atas batu saja. Masih ada tempat foto lainnya yang tidak kalah keren. Beberapa di antara tempat foto itu ada yang alami, ada pula yang buatan.
(dok pribadi)

Pengelola telah menambahkan beberapa spot foto buatan. Salah satu spot foto itu berbentuk balon udara dan tempat ayunan menjulang. Berfoto di sana akan menghasilkan jepretan yang unik, atau berfoto ria bersama burung hantu. Namun, pengunjung harus membayar biaya tambahan untuk berfoto di sana.

Pengunjung juga bisa mengunjungi titik tertinggi di sekitar kawasan Batu Pandang Ratapan Angin. Lokasi itu ada di sisi paling selatan. Untuk mencapainya, sudah ada anak tangga sehingga kaki bisa menapak dengan mudah. Selain Telaga Warna, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang sisi barat Dataran Tinggi Dieng. Tampak obyek wisata andalan lain, yakni Kawah Sikidang yang mengeluarkan asap.

Memang untuk mencapai lokasi ketinggian ini memerlukan tenaga ekstra, pasalnya wisatawan harus mendaki seratusan anak tangga terbuat dari batu yang terkadang cukup curam. Tapi itu terbayarkan dengan pemandangan alam nan indah dan eksotik alami terhampar.

Video Oleh Chandra H Noor 
 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar