KPK edukasi antikorupsi kepada pelajar SMA Situbondo melalui permainan (Video)

id roadshow bus KPK,KPK di Situbondo,Situbondo,edukasi antikorupsi,edukasi antikorupsi pelajar SMA,edukasi antikorupsi pelajar SMA Situbondo

KPK edukasi antikorupsi kepada pelajar SMA Situbondo melalui permainan (Video)

Penasihat KPK Budi Santoso menyampaikan materi edukasi antikorupsi kepada ratusan pelajar SMA Situbondo. Jumat (19/7/19) (ANTARA Jatim/ Novi H)

Karena mereka masih pelajar, paling tidak saat ini kita mengedukasi mereka dengan menanamkan kejujuran. Jadi pada prinsipnya edukasi ke pelajar ini menanamkan nila kejujuran
Situbondo (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan edukasi antikorupsi kepada ratusan pelajar SMA sederajad di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, guna menanamkan nilai-nilai kejujuran.

Edukasi antikorupsi terhadap pelajar SMA yang dilaksanakan di Gazebo Pendopo Kabupaten Situbondo, ini merupakan rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi".

"Tujuan edukasi antikorupsi bagi pelajar ini, menanamkan nilai-nilai kejujuran, keberanian, kedisiplinan dan tidak curang," ujar Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Budi Santoso di Situbondo, Jumat.

KPK menanamkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini kepada ratusan pelajar SMA sederajad ini, dengan memberikan edukasi antikorupsi melalui  berbagai permainan hingga menonton film di dalam bus KPK.

Karena dengan begitu, pelajar dapat mencerna dan memahami tentang nilai antikorupsi melalui permainan, di mana dalam permainan kartu misalnya, mengajarkan bagaimana berbuat jujur dalam permainan tersebut.

"Karena mereka masih pelajar, paling tidak saat ini kita mengedukasi mereka dengan menanamkan kejujuran. Jadi pada prinsipnya edukasi ke pelajar ini menanamkan nila kejujuran," kata Budi Santoso.

Di dalam bus KPK terdapat layar komputer dan memiliki aplikasi permainan antikorupsi serta buku pendidikan antikorupsi.

"Permainan di dalam bus ini terdapat tentang nilai-nilai kejujuran dan permainan lainnya mengenai menanamkan nilai kejujuran kepada pelajar, seperti tidak menyontek saat ujian misalnya," paparnya.

Leni, salah seorang siswi SMAN 1 Asembagus, Situbondo, mengaku senang bisa hadir dan mengikuti sosialisasi antikorupsi yang dilakukan oleh KPK.

"Permainan kartu yang kami mainkan bersama teman-teman, intinya bagaimana kita jujur. Bisa menolak ketika ada kartu yang digunakan menolak," kata Leni.

Dalam pantauan, edukasi antikorupsi kepada ratusan pelajar SMA ini juga diisi dengan pemberian hadiah kepada pelajar yang hadir dengan menjawab pertanyaan dari Penasihat KPK Budi Santoso.

Sebelum edukasi antikorupsi oleh KPK kepada ratusan pelajar, mereka diajak menyuaralan yel yel Komisi Pemberantasn Korupsi "berani jujur hebat" secara bersama-sama. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar