Maidi-Inda siap bangun Kota Madiun semakin Karismatik

id Pelantikan Wali Kota Madiun,Pasangan Maidi-Inda,Maidi,Inda raya,Pemkot Madiun,Kota Madiun,Madiun Kota Karismatik

Maidi-Inda siap bangun Kota Madiun semakin Karismatik

Wali Kota Madiun Maidi dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya disambut ratusan aparatur sipil negara saat memasuki gedung Balai Kota Madiun seusai dilantik dan dikirab dengan menggunakan kereta kencana, Senin (29/4/2019). (Antaranews Jatim/Louis Rika)

Saya dan wakil saya Bu Inda akan langsung bekerja. Yang sudah baik akan dilanjutkan dan yang belum ada akan diadakan untuk lebih memajukan Kota Madiun
Madiun (ANTARA) - Pasangan Wali Kota Madiun Maidi dan Wakil Wali Kota Inda Raya menyatakan akan segera tancap gas dan siap membangun Kota Madiun semakin berkarismatik usia dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (29/4).

"Setelah ini, saya dan wakil saya Bu Inda akan langsung bekerja. Yang sudah baik akan dilanjutkan dan yang belum ada akan diadakan untuk lebih memajukan Kota Madiun," ujar Wali Kota Maidi dalam pidato pertamanya di halaman Balai Kota Madiun.

Ia menyebut memiliki 33 program unggulan bersama Wakil Wali Kota Inda Raya. Sebagian program bakal dilaksanakan dalam 99 hari ke depan.

Selain itu, evaluasi akan dilakukan. Hal itu penting, mengingat pihaknya sudah menapaki pertengahan tahun anggaran 2019 ketika dilantik. 

Maidi akan segera berkoordinasi dengan wawali untuk menentukan program yang perlu ditingkatkan dari yang sudah berjalan sebelumnya.

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri menyatakan akan mengedepankan sisi feminisme di Kota Madiun. Sosoknya sebagai perempuan wajib menghadirkan sesuatu yang berbeda. 

"Madiun Kota Sejuta Bunga", contohnya. Program tersebut tidak hanya mempercantik Kota Madiun. Namun, juga memberikan kesan humanis.

Inda Raya menyebut akan banyak kegiatan yang melibatkan kaum perempuan ke depannya.

"Hadirnya sosok pemimpin perempuan juga harus dapat memberikan nuansa yang berbeda. Keterlibatan kaum perempuan akan lebih banyak ke depan," kata putri mantan Wali Kota Madiun Kokok Raya itu.

Wali Kota Madiun periode sebelumnya Sugeng Rismiyanto, menuturkan banyak program baik yang telah berjalan di Kota Madiun selama ini.

Ia berharap apa yang sudah baik wajib terus ditingkatkan sesuai dengan visi misi yang diusung wali kota baru. 

Sugeng menambahkan kemiskinan dan pengangguran harus terus mendapatkan perhatian agar kesejahteraan warga Kota Madiun terus meningkat.

"Sesuai dengan arahan Ibu Gubernur, kemiskinan dan pengangguran harus menjadi perhatian. Sama, saya juga titip dua itu," ungkap Sugeng sambil mengucapkan selamat bagi Wali Kota Maidi dan Wakil Wali Kota Inda Raya. 

Sementara saat menuju Balai Kota Madiun, Wali Kota Maidi dan Wakil Wali Kota Inda Raya dikirab dengan menggunakan dua kereta kencana untuk memasuki gedung balai kota yang akan menjadi kantor kerjanya selama lima tahun ke depan.

Pasangan kepala daerah periode 2019-2024 yang baru dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Grahadi Surabaya pada Senin (29/4) tersebut terlihat bahagia didampingi oleh pasangannya masing-masing.

Adapun kirab duet Maidi dan Inda Raya dimulai dari depan Pabrik Gula (PG) Redjo Agung yang berada di daerah perbatasan Kota Madiun dengan Kabupaten Madiun.

Kirab dua kereta kencana yang didampingi oleh 22 andong itu berhenti di sekitaran patung pecel yang menjadi salah satu ikon Kota Madiun.

Setelah itu, pasangan Wali Kota Maidi dan Wakil Wali Kota Inda Raya berjalan kaki menuju Balai Kota Madiun yang berjarak sekitar 500 meter.

Sepanjang perjalanan menuju balai kota, barisan pelajar dan warga mengelukan pasangan kepala daerah terpilih tersebut. Para pelajar menyambut dengan berbagai atraksi, di antaranya drumband, tarian dongkrek, dan tarian lainnya.

Sesampai di Balai Kota Madiun, Maidi dan Inda Raya disambut Wali Kota Madiun periode sebelumnya Sugeng Rismiyanto. Di gedung tersebut, dilakukan prosesi pembacaan doa, potong tumpeng, dan pidato pertama Wali Kota Madiun Maidi di depan para kepala OPD dan ratusan aparatur sipil negara yang telah menantinya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas acara penyambutan yang luar biasa dan hangat ini," kata Wali Kota Maidi.

Setelah acara seremonial di Balai Kota Madiun selesai, kirab andong dilanjutkan. Pasangan Maidi dan Inda Raya dikirab menuju Masjid Agung Kota Madiun untuk melakukan Shalat Ashar berjamaah. Sedangkan Sugeng Rismiyanto dikirab pulang ke kediaman pribadinya. 

Gelar Pesta Rakyat

Setelah menjalani serangkaian kegiatan pelantikan, pisah sambut Wali Kota Madiun baru dengan wali kota periode sebelumnya, serta tasyakuran pelantikan, Pemerintah Kota Madiun menggelar kegiatan pesta rakyat untuk menyambut kedatangan pemimpin baru pada Senin (29/4) sore hingga malam. 

Pesta rakyat dipusatkan di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun. Berbagai acara menarik mengisi kegiatan yang dimulai pukul 18.00 WIB. Salah satunya bazar makan gratis di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Masyarakat Madiun tanpa terkecuali boleh menikmati seluruh hidangan yang tersedia di bazar tersebut tanpa harus bayar alias gratis.

Selain itu, ada pagelaran musik pop dan dangdut yang menghibur masyarakat di sepanjang jalan protokol tersebut. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, mengatakan selain hiburan musik juga ada kesenian reog dan barongsai yang menghibur masyarakat. Sedangkan Forkompimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan OPD menggelar doa bersama di halaman Balai Kota Madiun.

"Kami berharap pemerintahan yang baru nanti senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran, serta dapat membawa Kota Madiun menjadi lebih baik, maju, dan sejahtera," kata Subakri.

Pantauan di lapangan, masyarakat Kota Madiun antusias mengikuti kegiatan tersebut. Warga berharap pemimpin yang baru, Maidi-Inda Raya, amanah dalam bertugas untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan warga Kota Madiun. 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar