Pemkab Mojokerto Dorong Literasi Desa Melalui TBM

id Literasi Desa, Taman Bacaan Masyarakat,literasi baca,minat baca,minat baca masyarakat mojokerto,dorong literasi,upaya literasi

Pemkab Mojokerto Dorong Literasi Desa Melalui TBM

Penyerahan simbolis kendaraan operasional taman bacaan masyarakat oleh Bank Jatim kepada Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Rabu (14/11) (Ist)

TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat. TBM juga menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program pendidikan luar sekolah
Mojokerto (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur mendorong adanya upaya literasi dengan meningkatkan minat baca di masyarakat pedesaan melalui taman baca masyarakat (TBM) di kabupaten setempat.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Rabu mengatakan, untuk meningkatkan upaya tersebut, pihaknya mengharapkan andil PKK dalam mewujudkan masyarakat gemar membaca.

"Kami harapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto mempunyai tupoksi sesuai Peraturan Bupati Nomor 73 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto dapat melaksanakan dan mengawal TBM ini sehingga dapat terwujud dengan baik," katanya di sela Sosialisasi Pemasyarakatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Cara Mendirikan TBM Kabupaten Mojokerto Tahun 2018.

Ia menjelaskan, peran serta PKK itu dapat mengambil peran aktif dan menjadi pioner dalam pemasyarakatan budaya baca sebagai kebutuhan dasar dalam pembangunan jiwa.

"Sehingga, dapat mendorong terciptanya manusia yang cerdas dan berdaya guna," ujarnya.

Menurutnya, setelah kegiatan ini segera dapat diwujudkan di desa masing-masing, karena pekerjaan tersebut adalah hak masyarakat yang harus diberikan oleh pemerintah.

"Hal ini sebagai upaya nyata Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mencerdaskan masyarakat melalui budaya gemar membaca dan belajar sepanjang hayat," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto, Ustadzi Rois, mengatakan bahwa TBM menjalankan beberapa fungsi, yang terdiri dari fungsi pembelajaran, hiburan dan informasi.

"TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat. TBM juga menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program pendidikan luar sekolah," katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti kurang lebih 350 peserta, dilakukan pula penyerahan bantuan CSR dari Bank Jatim berupa bantuan mobil operasional TBM.(*)
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar