Dua Pesawat Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing di Tanjungpinang

id sukhoi, pesawat sukhoi TNI, TNI AU, TNI, TNI AU usir pesawat asing

Dua Pesawat Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing di Tanjungpinang

Dokumentasi - Teknisi melakukan perawatan pesawat tempur Sukhoi dari Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar di Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur, Selasa (4/9). (Antara Jatim/Siswowidodo)

Tanjungpinang (Antaranews Jatim) - Dua Pesawat Sukhoi milik TNI Angkatan Udara berhasil mengusir pesawat asing yang terbang di sekitar timur Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu pukul 13.15 WIB.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kolonel Pnb M Dadan Gunawan, mengatakan, pengusiran berhasil dilaksanakan setelah dilakukan melalui kontak visual.

"Pengusiran melalui radio telekomunikasi tidak berhasil, kemudian dilakukan kontak visual," ungkapnya.

Dadan tidak membantah bahwa saat proses pengusiran status kuning atau waspada.

Ia menegaskan penurunan paksa pesawat asing tersebut tidak perlu dilakukan jika pesawat itu mau keluar wilayah udara NKRI. Seandainya pilot pesawat itu masih nakal, maka dua pesawat tempur AU itu akan memaksanya turun ke Bandara Hang Nadim Batam.

"Dugaan sementara kami, pesawat asing yang 'bermain-main' di sebelah timur Tanjungpinang itu sedang 'test flight'. Mungkin pesawat itu baru diperbaiki," ujarnya.

Sementara terkait jenis dan asal pesawat asing tersebut, Dadan mengaku belum mendapatkan informasi dari anggotanya.

Menurut dia, seluruh kegiatan pengusiran didokumentasikan. Dari dokumentasi tersebut akan diketahui jenis pesawat dan milik negara apa. "Nanti akan diketahui setelah dilihat foto dan videonya," ucapnya.

Berdasarkan perintah Mabes AU, dua Pesawat Sukhoi masih berjaga-jaga di sekitar wilayah udara Kepri.

Sementara terkait berapa jumlah pelanggaran yang dilakukan pesawat asing di wilayah udara NKRI, Dadan menegaskan Satuan Radar yang memiliki wewenang untuk menjelaskannya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Antara, pesawat asing yang masuk ke wilayah Kepri tanpa izin jenis Airbus A320. Pesawat itu berasal dari Brunei Darusalam.(*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar