Warga Mojokerto Temukan Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit (Video)

id Situs Purbakala, Benda Purbakala,temuan benda,peninggalan majapahit,kerajaan majapahit,benda sejarah,sejarah purbakala, sejarah majapahit

Warga Mojokerto Temukan Benda Peninggalan Kerajaan Majapahit (Video)

Warga menunjukkan benda-benda yang diduga sebagai benda peninggalan Kerajaan Majapahit, Jumat (1/6) (Ist)

Saya sendiri kurang mengerti seperti fungsi benda tersebut. Bentuknya melingkar dengan diameter sekitar 75 centimeter dengan ketinggian sekitar 50 centimeter serta memiliki ketebalan sekitar 3 centimeter
Mojokerto (Antaranews Jatim) - Warga Desa Tegalsari, Puri, Mojokerto, Jawa Timur menemukan benda-benda yang diduga sebagai benda purbakala peninggalan situs Kerajaan Majapahit, saat menggali tanah yang akan digunakan untuk resapan tanah.

Salah seorang warga Wahyudin, Jumat mengatakan, saat itu dirinya akan menggali lubang yang akan digunakan untuk resapan air di depan rumahnya, tetapi pada kedalaman sekitar tiga meter dirinya menemukan benda-benda yang diduga sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit.

"Saya sendiri kurang mengerti seperti fungsi benda tersebut. Bentuknya melingkar dengan diameter sekitar 75 centimeter dengan ketinggian sekitar 50 centimeter serta memiliki ketebalan sekitar 3 centimeter," katanya saat dikonfirmasi di Mojokerto.

Ia mengemukakan, benda-benda tersebut jumlahnya tidak satu karena setelah terus dilakukan penggalian kembali ditemukan benda sejenis yang berada di bawahnya.

"Kami meyakini di dalam lubang yang sedang digali itu masih banyak tersimpan benda-benda sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit," katanya.

Bahkan, kata dia, sejak semalam warga yang mulai berdatangan untuk melihat juga turut membantu untuk melakukan penggalian lagi di lubang yang sama.

"Dan memang terbukti, kami kembali menemukan kembali benda serupa sebanyak tiga buah. Namun, untuk yang kedua sampai keempat ketinggiannya hanya sekitar 30 centimeter, saja" katanya.

Selama proses penggalian itu, lanjut dia, pihaknya juga menemukan beberapa serpihan batu yang mungkin juga masih manjadi satu rangkaian penemuan benda-benda purbakala itu.

"Kami juga melaporkan kejadian penemuan benda-benda ini kepada pihak pemerintah desa untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak lainnya," katanya.

Saat ini, di lokasi penemuan sudah banyak didatangi warga yang ingin melihat dari dekat perihal penemuan benda-benda tersebut.(*)
Video Istimewa
Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar