Telkom Buka Layanan Pelanggan Berkonsep "Self Service"

id Telkom, Pusat Layanan Telkom

Telkom Buka Layanan Pelanggan Berkonsep

Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali dan Nusra Suparwiyanto (kedua kiri) berbincang dengan pelanggan di sela acara Peluncuran Plasa Telkom Digital Mergoyoso di Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/4). Antara Jatim/Moch Asim/zk/18

Yang membedakan Plasa Telkom Digital ini dengan lainnya adalah dari sisi kelengkapan layanan alat dan layanan yang ada didalamnya yang lebih beragam, baik untuk layanan Telkom maupun Telkomsel
Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Telkom Indonesia membuka layanan pelanggan berkonsep "self service" atau pelayanan mandiri di pusat Kota Surabaya, Jatim, tepatnya di Jalan Mergoyoso 1-3, untuk mengedukasi pelanggan dan masyarakat tentang konsep pelayanan digital.

Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, Suparwiyanto di Surabaya, Senin mengatakan meski terdapat pelayanan mandiri, di pusat layanan itu juga tetap bersahabat karena adanya "customer service" yang proaktif mendatangi pelanggan.

"Pusat layanan ini sengaja kami hadirkan untuk memberikan digital `customer experience` sekaligus untuk mengedukasi pelanggan tentang konsep pelayanan digital," tuturnya.

Selain itu, meski di masing-masing gawai milik pelanggan terdapat aplikasi MYindihome untuk pelayanan mandiri, namun berdasarkan data tingkat kehadiran masyarakat ke pusat layanan Plasa Telkom masih tinggi.

"Seperti misalnya, di Plasa Telkom Digital Mergoyoso, rata-rata per harinya mencapai 150 pelanggan, dan hampir 50 persen untuk kasus pelaporan gangguan, sisanya untuk informasi produk, payment, mutasi, dan pasang baru," ujarnya.

Suprawiyanto mengaku, beberapa masalah mengenai Telkom sebenarnya bisa dilayani melalui aplikasi, namun demikian pihaknya akan tetap memberikan layanan prima, sebab masih memerlukan umpan balik dari pelanggan untuk penyempurnaannya layanan.

"Itulah sebabnya, pusat layanan ini kami bangun dan diharapkan bisa mendapatkan keluhan dari publik dan umpan balik agar kami bisa memperbaiki di sisi pelayanan dan juga menu apa yang akan kami tambahkan di MyIndihome," katanya.

Sementara itu, Pusat Layanan Telkom Mergoyoso melayani pelanggan Telkom dan Telkomsel, seperti untuk pelanggan Telkom adalah pasang baru Indihome, komplain pelanggan, pembayaran rekening, "upgrade" layanan, informasi produk dan layanan Telkom lainnya.

Sedangkan untuk pelanggan Telkomsel melayani berupa pasang baru kartu Hallo, upgrade kartu Telkomsel, migrasi dari prabayar ke pascabayar, sampai pada registrasi kartu prabayar Telkomsel.

Secara nasional, Plasa Telkom Digital Mergoyoso merupakan Plasa Telkom Digital yang ke 8, selain Plasa Telkom Digital Mergoyoso di area Jatim, Bali, Nusa Tenggara, dan juga akan dibangun dua lagi di Sidoarjo dan Gresik.

Yang membedakan Plasa Telkom Digital ini dengan lainnya adalah dari sisi kelengkapan layanan alat dan layanan yang ada didalamnya yang lebih beragam, baik untuk layanan Telkom maupun Telkomsel.

 
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar