Karapan Sapi Piala Presiden di Madura 29 Oktober

id Karapan Sapi

Karapan Sapi Piala Presiden di Madura 29 Oktober

Dokumen Karapan Sapi Madura (*)

Tahapan seleksi pasangan sapi kerrap telah dilakukan di berbagai tingkat kecamatan di empat kabupaten di Pulau Madura sejak 29 Agustus 2017
Pamekasan (Antara Jatim) - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Akhmad Sjaifuddin menjelaskan, Festival Karapan Sapi yang memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI digelar 29 Oktober 2017.

"Jadwal karapan sapi ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh penyelenggara karapan sapi 2017," katanya di Pamekasan, Jumat.

Tahapan seleksi pasangan sapi karapan telah dilakukan di berbagai kecamatan di empat kabupaten di Pulau Madura sejak 29 Agustus 2017.

Di Bangkalan seleksi dilakukan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Tanah Merah, Blega, Sepuluh, Kecamatan Socah dan Kecamatan Arosbaya.

Di Kabupaten Sampang seleksi di empat kecamatan, yakni Torjun, Kedungdung, Ketapang dan Kecamatan Kota, Sampang.

"Di Pamekasan juga di empat kecamatan, yakni Kecamatan Waru, Pegantenan, Kecamatan Galis dan Kecamatan Kota, Pamekasan," ujar Sjaifuddin.

Sedangkan di Kabupaten Sumenep, seleksi pasangan sapi kerap di tingkat kecamatan digelar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Bluto, Batuputih, Pasongsongan, Guluk-guluk, Kecamatan Gayam dan Kecamatan Kota, Sumenep.

Seleksi pasangan sapi kerap di tingkat kabupaten, menurut Akhmad Sjaifuddin, digelar serentak pada 15 Oktober 2017.

"Pasangan sapi kerap yang menjadi pemenang di empat kabupaten ini yang nantinya akan memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI," ujarnya.

Jumlah pasangan sapi yang akan bersaing memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI 2017 sebanyak enam pasang di masing-masing kabupaten.

Jumlah pasangan sapi kerap yang akan bersaing sebanyak 24 pasangan, yakni 12 pasangan sapi dari bagian menang dan sebanyak 12 pasangan sisanya dari bagian kalah.

Menurut Kepala Disparibud Akhmad Sjaifuddin, yang dimaksud pasangan sapi bagian kalah, yakni pasangan sapi yang kalah di tingkat kabupaten dan diadu kembali memperebutkan juara 1 hingga 3.

"Hanya ada di Madura dan Festival Karapan Sapi yang seperti itu," ujarnya.

Festival Karapan Sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI 2017 yang digelar di Stadion R Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan juga akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan lain di Pamekasan.

Antara lain pentas seni budaya bertajuk "Semalam di Madura" dan festival kecantikan sapi atau "Sapi Sonok".

Festival Sapi Sonok digelar pada 22 Oktober 2017, sedangkan pementasan seni budaya Madura bertema "Semalam di Madura" pada malam pelaksanaan karapan sapi. (*)
Pewarta :
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar