Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro masa jabatan 2024-2029 terpilih, secara resmi dilantik di ruang paripurna DPRD Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu.

Pimpinan rapat DPRD Bojonegoro, Abdullah Umar, Rabu, menyampaikan bahwa tugas utama para anggota dewan terpilih sudah menanti diantaranya adalah penyusunan tata tertib dan pembentukan alat kelengkapan dewan.

"(Termasuk) Penyelesaian berbagai rancangan peraturan daerah yang belum terselesaikan oleh anggota dewan periode sebelumnya. Serta pentingnya kesungguhan dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat Bojonegoro," jelasnya.

Usai pelantikan, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang baru dilantik. Adriyanto membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri untuk acara pelantikan DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Dalam sambutan yang dibacakan, ia mengatakan bahwa Indonesia patut berbangga karena mampu menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

"Hingga saat ini, kita telah berhasil melaksanakan 13 kali pemilihan umum yang berlangsung dengan aman dan lancar," kata Adriyanto.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, termasuk kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah, pihak keamanan, media, dan seluruh elemen bangsa.

Dalam pelantikan tersebut dihadiri Pj Bupati Bojonegoro, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Serta mengundang beberapa stekholder terkait diantaranya MUI, FKUB, PD Muhammadiyah, PCNU Bojonegoro, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, Palang Merah Indonesia (PMI) dan yang lainnya.

Pewarta: Muhammad Yazid

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024