Pemerintah Kota Kediri memperluas pengembangan Pasar Grosir Ngronggo berupa pembangunan kios dan sarana prasarana pendukung lainnya. 

Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah mengemukakan proses pembangunan saat ini sudah mencapai 97 persen dari target, yang mana telah berdiri 107 kios baru.

"Pembangunan juga dilakukan untuk sarana prasarana pendukung seperti gapura dan taman," ujarnya di Kediri, Kamis.

Sejak September 2023, Perumda Pasar dan paguyuban pedagang Pasar Gosir Ngronggo melakukan perjanjian kerja sama tentang pembangunan lanjutan kios bagi pedagang pasar grosir tersebut.

Pembangunan, kata dia, berlangsung dengan sistem Bangun Guna Serah (BGS) sehingga seluruh biaya hasil swadaya dari pedagang dengan jangka waktu perjanjian selama 10 tahun.

Zanariah menambahkan setelah jangka waktu habis, pengelolaan diserahkan kembali kepada Perumda Pasar Joyoboyo. Untuk itu, baik pengelola maupun pedagang pasar untuk menjaga dan merawat pasar ini agar tetap aman, nyaman, bersih dan asri. 

Di samping itu, manajemen pengelolaan pasar harus lebih profesional untuk meningkatkan mutu layanan dan menjamin kualitas produk. 

"Tujuannya agar Pasar Grosir Ngronggo ini menarik banyak konsumen dan berdampak  menguntungkan semua pihak," kata dia. 

Ia juga meminta agar di sekitar kios-kios ini ditanami tanaman agar asri dan tidak panas.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024