Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, bersama TNI, dinas pariwisata, mahasiswa serta masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai kawasan Wisata Desa Kampung Blekok, Kamis.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengemukakan bahwa aksi bersih-bersih sampah di sepanjang pantai kawasan Wisata Desa Kampung Blekok Desa Kotakan, Kecamatan Kendit, itu sebagai upaya mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan.

"Dalam kegiatan ini kami mengusung tema "Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri" untuk mengajak masyarakat bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah," kata dia.

Dengan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah, lanjut dia, sehingga akan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung wisata Kampung Blekok yang dikelilingi hutan bakau tersebut.

Menurut Kapolres Dwi Sumrahadi, aksi bersih-bersih sampah tidak hanya dilaksanakan oleh Polres Situbondo di Wisata Desa Kampung Blekok, namun Polsek jajaran juga melaksanakan aksi bersih-bersih sampah secara serentak di masing-masing wilayah Polsek, di pantai maupun sungai dan di bantaran sungai.

"Kegiatan bersih-bersih pantai diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, selain TNI/Polri, dinas terkait, dan mahasiswa, juga masyarakat nelayan. Ini sebagai bentuk sinergi dan komitmen bersama untuk mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah<" ujar Kapolres.

AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambahkan, kebersihan pantai dan sungai merupakan tanggung jawab bersama.

"Harapan kami pantai atau sungai tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga dengan kegiatan ini masyarakat turut membantu apa yang telah kita rawat dengan baik tetap terjaga keindahan dan kebersihannya," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023