Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, uji coba pertandingan cabang olahraga petanque ke FOPI Situbondo dalam rangka mempersiapkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali ke-XV pada November 2022.

Ketua Harian FOPI Kabupaten Buleleng, Bali, Gede Suwiwa mengaku selama ini pihaknya melakukan seleksi dan sentralisasi latihan, sehingga perlu untuk melihat sejauh mana perkembangan para atlet dari proses latihan yang sudah dilakukan.

"Kami dari Buleleng datang ke FOPI Situbondo untuk uji coba atlet kami. Memang untuk persiapan menghadapi porprov yang akan datang," katanya di Situbondo, Jumat.

Menurut Gede, memilih Situbondo sebagai ajang uji coba karena dengan beberapa pertimbangan, di antaranya atlet petanque Situbondo baru saja menjadi tuan rumah Porprov Jatim ke-VII dan mampu meraih medali emas dan perak.

Menurut dia, FOPI Situbondo baru saja menjadi tuan rumah porprov dan juga sempat menang di kejuaraan nasional petanque. Dia juga mengaku terkesan dengan penyambutan pengurus FOPI Situbondo termasuk mempersiapkan segala sesuatunya saat uji coba.

Sementara itu, Ketua FOPI Kabupaten Situbondo Yulianto mengaku, senang bisa uji coba dengan atlet petanque asal Buleleng. Karena atlet petanque Situbondo juga rutin berlatih untuk mempersiapkan Porprov ke-VIII yang akan berlangsung di Jombang, Mojokerto, dan Sidoarjo, pada 2023.

Katanya, atlet petanque Situbondo punya prestasi yang membanggakan. Di antaranya, pernah meraih medali emas dan perak di ajang Porprov Jatim ke-VII di Situbondo. Selain itu juga membawa pulang medali perak pada pertandingan petanque tingkat nasional.

"Porprov Jatim tahun ini kami dapat emas di nomor single women dan medali perak di nomor triple mix sebanyak tiga medali. Sedangkan di kejuaraan nasional putra junior meraih perak di kelas triple putra," kata dia. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022