Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta seluruh camat dan lurah berkolaborasi dalam menyelesaikan persoalan di wilayah masing-masing, termasuk mengatasi anak jalanan hingga bangunan liar.

"Camat dan lurah harus bisa mengerti keadaan warganya dengan mengetahui cara untuk mengatasinya," kata Wali Kota Eri Cahyadi saat memimpin apel pagi di halaman Balai Kota Surabaya, Senin.

Eri tak ingin melihat ada warga Surabaya yang menangis, seperti adanya anak putus sekolah, para pengamen atau anak jalanan di tiap perempatan, dan bangunan liar yang nantinya bisa berdampak buruk untuk seluruh masyarakat Kota Pahlawan.

Untuk memperbaiki hal tersebut, Eri meminta kepada seluruh camat dan lurah untuk mendekatkan diri kepada setiap RT/RW di wilayah masing-masing dan saling berkomunikasi serta berkoordinasi dengan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya.

Hal ini dilakukan agar seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya bisa ikut memakmurkan masyarakat Kota Surabaya. "Pejabat di kelurahan dan kecamatan harus sering turun ke masyarakat, dekati RT/RW-nya. Kemudian berkolaborasi dengan Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, dan Linmas untuk mengatasi itu, karena kita adalah kerja tim, bukan menunjukkan kinerja pribadi," ujarnya.

Wali Kota Eri juga meminta kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya untuk bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, sesuai dengan output dan outcome masing-masing.

Eri tak menginginkan adanya kesenjangan antara kelurahan, kecamatan, dan lembaga teknis seperti dinas dan lain-lain. "Keberhasilan seorang pemimpin adalah ketika bisa memberikan arahan, semangat, dan motivasi kepada bawahannya. Sehingga, kerja kita adalah kerja tim dan kita bekerja dalam tupoksi masing-masing, tolong berjuang dengan hati yang ikhlas, karena terlalu lama kita berada di zona nyaman,” ujar Eri.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu berpesan kepada camat, lurah, dan kepala OPD untuk lebih memikirkan program dan pelayanan yang tepat untuk masyarakat Kota Surabaya.

Wali Kota Eri juga memberikan semangat kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya. Ia berharap seluruh jajarannya bisa berempati dan bekerja dengan ikhlas, demi masyarakat Kota Surabaya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022