Pamekasan (Antara Jatim) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sub Divre XII Madura, Jawa Timur, melakukan stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan 1438 Hijriah guna menekan kenaikan harga.

Menurut Kepala Bulog Sub Divre XII Madura Syafarudin Arif, program stabilisasi harga pangan itu dilaksanakan mulai 15 Mei dan akan berlangsung hingga 31 Mei 2017.

"Program ini tersebar di empat kabupaten di Madura," katanya kepada Antara per telepon, Jumat sore.

Syafarudin menjelaskan, kebutuhan bahan pokok yang dijual berupa beras dan gula pasir. Beras dijual dengan harga Rp39 ribu per 5 kilogram dan gula pasir Rp12 ribu per kilogram.

Untuk di Kabupaten Pamekasan, program stabilisasi pangan terpusat di Kantor Bulog. Untuk keperluan itu didirikan tenda khusus.

"Kadang kami datang ke pasar-pasar tradisional, seperti Pasar 17 Agustus dan Pasar Kolpajung di hari-hari pasaran," katanya.

Program ini, sambung Syafarudin, sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran menjelang dan saat Ramadhan.

Ia menuturkan berkat program tersebut, kini harga kebutuhan bahan pokok jenis beras dan gula mulai stabil.

"Awalnya gula di pasaran hingga Rp13 ribu per kilogram, tapi saat ini sudah turun menjadi Rp12.500 per kilogram," kata Syafarudin. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017