19.530 penumpang manfaatkan KA gratis kemerdekaan

id Kereta Daop Surabaya, Daop Surabaya, Tiket Promo Kemerdekaan

19.530 penumpang manfaatkan KA gratis kemerdekaan

Petugas keamanan berjaga saat kereta api Rapih Dhoho tiba dan bersiap berangkat lagi dengan tujuan Surabaya, di Stasiun Tulungagung, Kamis (21/3) (ist)

Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 19.530 penumpang memanfaatkan kereta api gratis kemerdekaan di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, yang mengoperasikan 46 perjalanan KA lokal/komuter PSO.



Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Minggu, mengatakan tingginya antusiasme penumpang merupakan respon positif dari masyarakat.



Ia mengatakan, dari total 46 perjalanan KA yang dioperasikan, beberapa KA menjadi favorit dari program gratis tersebut, di antaranya KA Dhoho Penataran relasi Surabaya-Mojokerto-Kediri dengan jumlah 4.413 penumpang.



Disusul KA Penataran Dhoho relasi Surabaya-Malang-Kediri dengan jumlah 4.130 penumpang, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo-Mojokerto dengan total 2.236 penumpang.



Sementara dari 40 stasiun yang melayani penumpang KA lokal/komuter PSO di wilayah Daop 8, yang termasuk lima kategori terbanyak dalam jumlah penumpang yang naik, yakni Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 3.034 penumpang.



Berikutnya, Stasiun Malang Kota sebanyak 2.032 penumpang, Wonokromo 1.965 penumpang, Sidoarjo 1.733 penumpang, serta Mojokerto 1.671 penumpang.



Selain menyelenggarakan program promo KA gratis, PT KAI Daop 8 Surabaya juga menyelenggarakan berbagai kegiatan di stasiun, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membacakan teks proklamasi kemerdekaan di atas perjalanan kereta api jarak jauh yang melintas di wilayah Daop 8 Surabaya.



"Diharapkan dengan berbagai kegiatan itu bisa menjadi momentum untuk membangkitkan semangat kepahlawan serta menghormati jasa-jasa para pejuang yang rela berkorban demi kemerdekaan negeri ini," katanya.



Suprapto berencana menjadikan kegiatan hiburan ini menjadi agenda rutin tahunan yang selalu diselenggarakan dalam memperingati HUT RI di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya.

Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar