Semangat perjuangan dalam karya "Jangan Bung"

id Pameran Seni Rupa Jangan Bung, Pameran Seni Rupa, pameran seni rupa di house of sampoerna

Semangat perjuangan dalam karya

Pengunjung mengamati karya seni rupa yang dipamerkan pada pameran seni rupa yang bertajuk 'Jangan Bung' di Galeri House of Sampoerna, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019). Pameran yang berlangsung hingga 7 Septermber 2019 tersebut menampilkan karya seni rupa dari 20 seniman muda yang berasal dari berbagai dearah di Indonesia. (Antara Jatim/Zabur Karuru)

...kebhinekaan dalam kebersamaan adalah kekuatan utama...
Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 20 seniman dari berbagai kota di Indonesia menggelar pameran seni rupa tiga maupun dua dimensi yang terinspirasi dari semangat perjuangan dalam melawan penjajah, dipamerkan di Galeri Paviliun House of Sampoerna, Surabaya.
 
"Manusia diciptakan berbeda-beda begitu pula alam dan seisinya, masing-masing mempunyai peranannya sendiri-sendiri, kebhinekaan dalam kebersamaan adalah kekuatan utama untuk mengalahkan penindasan", Ungkap Apri Susanto, salah satu pameris.
 
Pameran yang berangkat dari keragaman latar belakang para seniman ini dianalogikan layaknya jangan atau sayur dalam Bahasa Jawa dengan aneka macam bahan bercampur. Sedangkan bung atau rebung adalah bambu muda, menggambarkan tombak bambu atau bambu runcing, yaitu senjata yang digunakan saat melawan penjajah.
 
Semangat perjuangan tersebut yang menjadi motivasi para seniman untuk terus mempertahankan eksistensi diri dalam dunia seni rupa.
 

Video : Naufal Ammar 
Foto   : Zabur Karuru 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar