Penumpang KA tujuan Jember meningkat selama JFC

id kereta api di jfc, penumpang kereta meningkat, jember fashion carnaval,tiket kereta api

Penumpang KA tujuan Jember meningkat selama JFC

Kereta api di wilayah Daop 9 Jember (ANTARA Jatim/Zumrotun Solichah)

Jember (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api tujuan Kabupaten Jember, Jawa Timur, meningkat selama kegiatan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berlangsung pada 1-4 Agustus 2019.

"Memang ada peningkatan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Jember sejak 31 Juli 2019 seiring dengan momentum JFC International Event," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Jember, Senin.

Menurutnya, jumlah penumpang yang turun di Stasiun Jember pada hari normal rata-rata sekitar 1.500 orang per hari, namun sejak digelar kegiatan JFC meningkat menjadi lebih dari 1.700 orang per hari.

"Beberapa rangkaian KA yang mengalami peningkatan, di antaranya KA Logawa, KA Sritanjung, KA Wijaya Kusuma, dan KA Mutiara Timur dari arah Surabaya menuju Jember," tuturnya.

Ia menjelaskan kegiatan JFC International Event berdampak cukup signifikan untuk peningkatan okupansi penumpang kereta api tujuan Jember, karena karnaval berkelas dunia tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Sementara itu, lanjut dia, PT KAI memberikan diskon sebesar 10 persen kepada pengunjung event JFC yang memesan atau membeli tiket KA di Booth PT KAI selama pelaksanaan JFC berlangsung pada 1-4 Agustus 2019.

"Hal itu untuk menyemarakkan pelaksanaan JFC dan sebagai bentuk apresiasi PT KAI kepada pelanggan atau pengguna jasa kereta api yang telah menggunakan kereta api menjadi transportasi favoritnya," tuturnya.

Diskon tarif KA tersebut berlaku untuk semua perjalanan KA komersial jarak jauh kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi non-subsidi dengan berbagai kota tujuan dan diskon diberikan untuk keberangkatan pada hari Senin sampai Kamis, kecuali pada hari libur nasional, "H-1" hari libur nasional dan "H+1" hari libur nasional.

"Pembelian tiket KA dengan diskon 10 persen untuk keberangkatan KA sampai dengan 30 hari ke depan selama tempat duduk masih tersedia," katanya.

Delapan KA yang beroperasional di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur (siang) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur (malam) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang.

Selanjutnya KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi rute Jember-Banyuwangi PP.
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar