Pesantren Lirboyo Serukan Pilih Jokowi-Amin di Pemilu 2019

id Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri,pesantren lirboyo kediri ,lirboyo dukung jokowi-ma'ruf,pemilu 2019

Pesantren Lirboyo Serukan Pilih Jokowi-Amin di Pemilu 2019

Isi maklumat masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, yang tersebar di jejaring sosial terkait dukungan di Pemilu 2019. Foto istimewa

Bahkan, dalam maklumat juga tercantum agar memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin
Kediri (ANTARA) - Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, memastikan diri mendukung calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bahkan membuat maklumat untuk memilih pasangan itu dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Gus Adib, salah seorang keluarga pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, menegaskan bahwa maklumat tersebut benar dan telah dikeluarkan secara resmi oleh pondok.

"Ini benar dari pondok," katanya singkat saat dikonfirmasi, di Kediri, Selasa. 

Dalam maklumat masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, yang tersebar di jejaring sosial dituliskan bahwa masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri menginstruksikan kepada para santri dan alumni untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019 serta menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab.

Bahkan, dalam maklumat juga tercantum agar memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Maklumat tersebut dikeluarkan pada 12 Maret 2019 yang ditandatangani secara langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri KH M Anwar Mansyur serta Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) KH Abdulloh Kafabihi Mahrus.

Sebelumnya, dalam Pemilu 2014, suara calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo - Hatta cukup bagus. Kemenangan tersebut salah satunya juga karena tausiyah (Imbauan) dari kiai di Ponpes Lirboyo Kota Kediri, yakni Almarhum KH Idris Marzuqi, KH Kafabihi Mahrus dan KH Anwar Mansyur. Mayoritas masyarakat dan santri di Ponpes Lirboyo memilih pasangan capres dan cawapres nomor urut satu tersebut. 

Sebelumnya, hubungan antara Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri dengan KH Ma'ruf Amin juga cukup dekat. Bahkan, beberapa kali KH Ma'ruf datang ke pesantren tersebut dan disambut dengan baik.

Selain ke Pesantren Lirboyo, KH Ma'ruf juga sempat berkunjung ke Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Namun, hingga kini belum ada maklumat secara resmi yang dikeluarkan oleh pondok untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pemilu 2019.

Calon Wakil Presiden pendamping Prabowo Subianto, yakni Sandiaga Uno beberapa kali datang ke Pesantren Al Falah, Kabupaten Kediri, bertemu dengan pengasuh pondok, KH Nurul Huda Djazuli. Namun, KH Nurul Huda menolak dikonfirmasi terkait dengan kedatangan maupun dukungan ke Sandiaga, dan hanya mengatakan menerima tamu saja. (*)
Pewarta :
Editor: Chandra Hamdani Noer
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar