Polres Situbondo Sterilisasi Gereja Jelang Malam Misa Natal

id Natal, pengamanan gereja, Situbondo, Kapolres Situbondo

Polres Situbondo Sterilisasi Gereja Jelang Malam Misa Natal

Petugas Polres Situbondo saat di Gereja Katholik Maria Bintang Samudra di Kecamatan Kota Situbondo. Senin (24/12) (Antarajatim/ Novi H)

Situbondo (Antaranews Jatim) - Ratusan petugas Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, Senin sore melakukan sterilisasi sejumlah tempat ibadah gereja yang melaksanakan Misa Natal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani.

"Pengamanan dan sterilisasi gereja pada hari ini dimulai pukul 17.00 WIB sebelum umat kristiani melaksanakan Misa Natal dan sejumlah personel juga terus melaksanakan pengamanan di setiap gereja," ujar Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono di Situbondo, Senin malam.

Ia menyebutkan, pada malam ini gereja yang melaksanakan malam Misa Natal 2018 dan mendapatkan pengamanan dari petugas kepolisian tercatat sebanyak enam gereja yang tersebar di Kabupaten Situbondo.

Enam gereja melaksanakan Misa Natal tersebut, katanya, Gereja Katholik Bintang Samudra di Kecamatan Kota Situbondo, Gereja Pantekosta Di Indonesia di Kecamatan Asembagus, Gereja Protestan di Indoensia bagian Barat (GPIB) dan Gereja Protestan di Indonesia (GPdI) di Kecamatan KotaSitubondo, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Ranurejo dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Wonorejo di Kecamatan Banyuputih.

"Giat pengamanan gereja-gereja yang tersebar di Kabupaten Situbondo, tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat kristiani," tuturnya.

Dalam pantauan, sterilisasi gereja oleh petugas dilakukan menggunakan metal detektor dan mirror detektor, setiap sudut dan kursi jemaat diperiksa sebelum umat kristiani melaksanakan malam Misa Natal.

Tidak hanya dari petugas kepolisian, pengamanan malam Misa Natal juga dibantu oleh Pramuka dan bahkan sejumlah anggota Banser Kabupaten Situbondo turut menjaga keamanan di gereja. (*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar