Sebanyak 384 Pecatur Ikuti Turnamen Pelindo III

id Pelindo III, Turnamen Catur Pelindo III,Catur Cepat

Sebanyak 384 Pecatur Ikuti Turnamen Pelindo III

Sejumlah pecatur bertanding catur pada Turnamen Catur Cepat G-25 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/8). Turnamen Catur Cepat G-25 Tingkat Nasional 2018 Piala Pelindo III itu diikuti 385 pecatur dari berbagai daerah di Indonesia dengan kategori Senior dan Junior. Antara Jatim/Didik Suhartono/mas/18.

Rincian peserta antara lain, peserta senior 250 orang, junior SD usia 1-3 tahun 48 orang dan junior SD 4-6 sebanyak 86 orang, dan peserta termuda yang ikut adalah junior SD dengan usia 5 tahun
Surabaya (Antaranews Jatim) - Sebanyak 384 pecatur dari seluruh Indonesia mengikuti turnamen catur nasional G-25 tingkat nasional 2018 di Grha Barunawati Convex, Surabaya dengan memperebutkan total hadiah Rp70,5 juta.

CEO Pelindo III, Ari Askhara di Surabaya, Selasa mengatakan turnamen digelar mulai hari ini hingga tanggal 16 Agustus 2018, dan diikuti peserta dari 10 provinsi di Indonesia, serta satu peserta dari Fhilipina.

"Saya tidak menyangka acara ini mampu menarik minat ratusan peserta catur," kata Ari yang membuka turnamen dengan memainkan catur tiga langkah bersama Grand Master catur Susanto Megaranto.

Rincian peserta antara lain, peserta senior 250 orang, junior SD usia 1-3 tahun 48 orang dan junior SD 4-6 sebanyak 86 orang, dan peserta termuda yang ikut adalah junior SD dengan usia 5 tahun.

"Turnamen seperti ini layak diselenggarakan secara rutin, tahun depan kami berencana akan mengadakan turnamen yang sama dan lebih besar dengan tingkat ASEAN, dan hadiah lima kali lipat dari sekarang," katanya.

Ari mengatakan, turnamen ini digelar dengan sponsor utama PT Pelindo III dan BJTI PORT, serta berkolaborasi dengan Percasi Kota Surabaya.

Direktur Utama PT BJTI, Hot Rudolf Marihot mengatakan turnamen ini bisa membina atlet muda untuk dapat mengasah kemampuan serta menambah jam terbang dan pengalaman menghadapi pecatur-pecatur muda dari daerah lain. 

"Ini menjadi langkah kami untuk memajukan cabang olah raga catur, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi agenda rutin Percasi Surabaya, bahkan akan diselenggarakan event berskala internasional ke depannya," katanya.

Sementara Inspektur Pertandingan, Yusuf Santriono mengatakan turnamen ini menggunakan sistem Swiss Manager 7 babak, dengan pembagian peserta menjadi tiga  kategori.

Masing-masing kategori itu adalah Senior, Pelajar SD kelas 1-3 dan Pelajar SD kelas 4-6. dan setiap kategori nantinya akan dipilih 20 juara dengan ditetapkan juara 1, juara 2, juara 3, juara 4, juara 5, juara 6-10, dan juara 11 sampai dengan 12.

"Untuk nominal hadiah tentunya berbeda, juara I Kategori Senior dengan hadiah senilai Rp25 juta, Juara I  kategori Pelajar SD kelas 1-3 dan Kategori Pelajar SD kelas 4-6 hadiah senilai Rp2,5 juta," katanya.(*)
 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar