Pelindo III Gelar Turnamen Catur Tingkat Nasional

id Pelindo III Gelar Turnamen Catur Nasional, Pelindo III, turnamen catur nasional,Pelindo, BUMN Pelindo III

Pelindo III Gelar Turnamen Catur Tingkat Nasional

Ilustrasi- (dok.antarafoto.com)

Penyelenggaraan lomba catur skala nasional akan diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2018 di Grha Varuna Convex Surabaya, dan memperebutkan hadiah total Rp70 juta
Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia III menggelar kegiatan olahraga catur tingkat nasional dengan nama "Turnamen Catur Cepat G-25" tujuannya untuk mendorong generasi muda terutama pelajar agar mencintai catur dan belajar strategi melalui permainan catur.

CEO Pelindo III, Ari Askhara di Surabaya, Kamis mengatakan, penyelenggaraan lomba catur skala nasional akan diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2018 di Grha Varuna Convex Surabaya, dan memperebutkan hadiah total Rp70 juta.

"Catur mengajarkan bagaimana menyerang, mengatur strategi, memprediksi langkah lawan, berani berspekulasi yang diperhitungkan," katanya.

Ia berharap, dengan turnamen ini generasi muda dapat menyalurkan talenta yang dimiliki, sehingga dapat menjaring bibit baru pecatur muda yang potensial yang dapat bersaing di laga internasional.

"Dalam catur ada kejujuran dan fair play, dan untuk bisa memenangkan permainan tetap harus mengikuti peraturan yang ada," tuturnya.

Sponsor utama dalam turnamen catur yang bertajuk "Pelindo III Cup" adalah Pelindo III dan BJTI PORT, serta berkolaborasi dengan Percasi Kota Surabaya, dan mengundang beberapa tokoh catur nasional untuk membuka turnamen.
 
Direktur Utama BJTI PORT, Hot Rudolf Marihot mengatakan, turnamen ini nanti menggunakan sistem Swiss Manager 7 babak, dengan pembagian peserta menjadi tiga kategori, yaitu Kategori Senior, Kategori Pelajar SD kelas 1-3 dan Kategori Pelajar SD kelas 4-6.

Adapun biaya pendaftaran untuk senior sebesar Rp30 ribu, junior Rp20 ribu (maksimal kelas 6 SD), junior domisili Surabaya gratis, serta peserta bergelar MI/GM gratis.

"Ini langkah awal kami untuk memajukan catur, sehingga tidak menutup kemungkinan bila ini sukses dapat menjadi agenda rutin. Karena bisa membina atlet muda dan menambah jam terbang serta pengalaman menghadapi pecatur-pecatur muda dari daerah lain," katanya.

Hot Rudolf mengatakan, banyak filosofi yang bisa diambil dari permainan catur ketika bekerja menyelesaikan pekerjaan, khususnya pekerjaan strategis di perusahaan.

Sementara itu, masing-masing kategori akan dipilih 20 juara dengan ditetapkan juara 1, juara 2, juara 3, juara 4, juara 5, juara 6-10, dan juara 11 s.d 12 dengan nominal hadiah yang berbeda.(*

 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar