Mahasiswa Surabaya Dikenalkan Teknologi Terbaru Google

id Google,Google I/O Extended, istts, surabaya

Mahasiswa Surabaya Dikenalkan Teknologi Terbaru Google

Pamteri dari Google saat mengenalkan teknologi terbaru dari Google kepada mahasiswa Surabaya di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS). (Willy Irawan)

Ada 180 peserta dari developer dan lainnya dari mahasiswa. Mereka akan diajari dan dikenalkan lebih mendalam dengan teknologi terbaru Google. Terutama lebih ke arah Google Asisstant
Surabaya (Antaranews Jatim) - Google mengenalkan teknologi terbarunya kepada ratusan mahasiswa dan para pengembang IT melalui kegiatan "Google I/O Extended" di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS) di Surabaya, Sabtu.

"Ada 180 peserta dari developer dan lainnya dari mahasiswa. Mereka akan diajari dan dikenalkan lebih mendalam dengan teknologi terbaru Google. Terutama lebih ke arah Google Asisstant," kata ketua pelaksana Google I/O Extended Indra Maryati di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu.

Maryati sapaan akrabnya mengatakan, acara tahunan itu diadakan setelah dia diundang Google ke Amerika Serikat untuk mengiktui Google I/O. Setelah itu dia diminta mengadakan kegiatan yang sama di Surabaya.

Dalam kegiatan itu, peserta dikenalkan teknologi baru Google yakni Continue Conversation. Di teknologi itu, kata Maryati, kita bisa melanjutkan bicara kata lain setelah mengucapkan "hey google".

"Seperti hey google nyalahin lampu. Setelah itu kita bisa lanjut lagi nyalahin air panasnya," katanya.

Peserta juga dikenalkan teknologi terbaru pada Gmail yakni fitur Smart Compose. Smart Compose dalam Gmail menerapkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di mana mengetik tidak sampai lengkap, namun Google langsung komplit.

Ada juga teknologi dalam Google Map yakni teknologi Augmented Reality (AR) yang dikenalkan.

"Jadi selama ini kita lihat Google Map, diarahkan untuk lihat peta 2 dimensi. Dengan teknologi AR, itu kayak gambar belok kanan kita bisa lihat lingkugan sekitar sama, belok kanan sekalian. Di Indonesia tapi belum," katanya.

Selain itu ada Google Lens di mana orang bisa menyalin teks dan langsung dapat informasinya di Google. Ada juga Google Foto yang bisa langsung mengedit.(*)
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar