Pertama Kalinya Pemilu BEM-DPM Unej Gunakan E-Voting

id pemilu kampus unej, gunakan e-voting, berjalan lancar, kpum unej

Pertama Kalinya Pemilu BEM-DPM Unej Gunakan E-Voting

Sejumlah mahasiswa berada di bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya dengan sistem e-voting di FISIP Unej (Zumrotun Solichah)

Alhamdulillah pelaksanaan pemungutan suara pemilu kampus dengan sistem e-voting berjalan lancar di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di setiap fakultas,
Jember (Antara Jatim) - Pemilu Kampus Universitas Jember (Unej) yang memilih Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) untuk pertama kalinya menggunakan sistem voting elektronik (e-voting) digelar Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) di Kampus Unej, Jawa Timur, Kamis.

"Alhamdulillah pelaksanaan pemungutan suara pemilu kampus dengan sistem e-voting berjalan lancar di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di setiap fakultas," kata Ketua KPUM Unej Musta'anul Khusni di Kampus Unej.

Menurutnya pihaknya sudah melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang berada di masing-masing fakultas dan tidak ada kendala selama pelaksanaan pemungutan suara dengan sistem e-voting sejak pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Bahkan antusias yang cukup tinggi terlihat di sejumlah fakultas noneksakta seperti di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum karena terlihat antrean yang cukup panjang di TPS tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan jumlah mahasiswa yang memiliki hak pilih di Universitas Jember sebanyak 28.694 mahasiswa, sehingga diharapkan puluhan ribu mahasiswa tersebut menyalurkan hak pilihnya di masing-masing fakultas.

"Ada lima unit komputer yang disediakan untuk pelaksanaan e-voting di masing-masing fakultas, sehingga diharapkan jumlah tersebut mencukupi kebutuhan para pemilih yang berada di setiap TPS," katanya.

Untuk mengantisipasi kecurangan, lanjut dia, pihak KPUM meneliti setiap kartu tanda mahasiswa dan kartu rencana studi (KRS) yang dibawa masing-masing mahasiswa di TPS, sehingga diharapkan tidak ada pihak-pihak tertentu yang menggunakan KTM mahasiswa lain saat menyalurkan hak suaranya di TPS.

Sementara salah seorang mahasiswa FISIP Elfira mengapresiasi pemungutan suara dengan sistem e-voting dalam pemilu kampus yang memilih BEM dan BPM di Kampus Tegalboto Universitas Jember.

"Pemilihan dengan e-voting sangat memudahkan mahasiswa untuk memilih dan lebih efektif karena tidak perlu menggunakan kertas untuk pencoblosan saat pemungutan suara, sehingga penerapan e-voting ini bisa dilakukan terus untuk pemilihan BEM dan DPM berikutnya," ujarnya.

Dalam Pemilu Kampus Unej itu tercatat tiga pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM yakni pasangan Agus Wedi (FISIP) dan Achmad Muzayyin (FTP), pasangan Nabila Nilna Ghina (FKIP) dengan Rijal Al Kautsar Muluk (Fakultas Teknik), dan pasangan ketiga adalah Ganang Canggah Arsa Wijaya (Fakultas Hukum) yang berpasangan dengan Mia Silvia Rahman (FTP), serta 48 mahasiswa bertarung menduduki kursi BPM.(*)
 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar