Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai melakukan perakitan ribuan kotak suara untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno mengemukakan bahwa kotak suara yang diterima KPU mulai disortir dan dirakit di gudang sejak Rabu (16/10).

"Perakitan kotak suara kami targetkan selesai pada hari ini," katanya kepada wartawan di Situbondo, Kamis.

Menurut Hadi, sampai saat ini KPU Situbondo telah menerima enam dari 22 jenis logistik untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur serta pemilihan bupati dan wakil bupati Situbondo, meliputi kotak suara, segel plastik berupa kabel ties (ikat kabel), segel kertas, tinta, bilik suara, dan sampul bungkus.

"Petugas kami setelah melakukan perakitan sebanyak 2.094 kotak suara dan menemukan 22 kotak suara terbuat dari kardus yang kondisinya rusak karena sobek," kata Hadi.

Hadi mengatakan KPU Situbondo telah mengajukan pergantian 22 kotak suara yang rusak kepada KPU Provinsi Jatim.

Enam jenis logistik pilkada yang diterima KPU Kabupaten Situbondo merupakan pengiriman tahap pertama, sedangkan 16 logistik lainnya akan dikirim pada tahap kedua dan ketiga.

Hadi menambahkan jumlah logistik yang diterima tahap pertama, yakni 2.084 kotak suara, 12.300 kabel ties, 2.050 botol tinta, 2.052 bilik suara, dan 51.482 segel kertas.

Sampai saat ini KPU Kabupaten Situbondo masih menunggu pengiriman logistik tahap kedua dan ketiga untuk selanjutnya dilakukan penyortiran hingga pengemasan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024