Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memanfaatkan mobil siaran keliling (siling) untuk mengajak warga setempat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024.

Melalui mobil yang dilengkapi dengan alat pengeras suara itu, staf Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Sumenep menyosialisasikan hari "H" Pemilu 2024 sekaligus meminta warga datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih.

"Kami berusaha mengingatkan warga Sumenep untuk mencoblos," kata Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sumenep, Irwan Sujatmiko di Sumenep, Selasa malam.

Ia menjelaskan, pihaknya memanfaatkan mobil siaran keliling untuk mengajak warga Sumenep menggunakan hak pilihnya sekitar dua pekan, meskipun tidak langsung setiap hari, di wilayah kecamatan daratan.

"Itu tidak hanya dilakukan pada Pemilu 2024, akan tetapi pada pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Kami hanya ikut menyosialisasikan pemilu agar warga tidak lupa," ujarnya menambahkan.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, yakni 18 kecamatan di daratan dan sembilan kecamatan di kepulauan.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Sumenep sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan. 

Mereka tersebar di 3.863 tempat pemungutan suara (TPS) pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024