Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo menggelar sosialisasi sekaligus edukasi bertajuk Aktivasi Pasar KKBC (Kerja Keras Bebas Cemas) di Pasar Taman, Jumat.

BPJamsostek Sidoarjo berupaya untuk secara langsung menyebarkan informasi seputar jaminan sosial ketenagakerjaan ke pedagang pasar. 
 
Meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dengan besar iuran paling terjangkau hanya Rp16.800, sebagai antisipasi apabila terjadi resiko kecelakaan kerja dan meninggal dunia, khusus bagi pedagang atau pekerja informal.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Novias Dewo Santoso menuturkan upaya jemput bola kepada masyarakat khususnya dari pelaku usaha mikro dan kecil, termasuk peserta mandiri didasari masih banyaknya yang belum terinformasi terkait manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Kegiatan pada hari ini, merupakan arahan dari kantor pusat untuk kita bisa masif menyelenggarakan kampanye Kerja Keras Bebas Cemas yang ada di pasar. Kami memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan," Kata Novias Dewo Santoso.
 
Ia mengatakan BPJS Ketenagakerjaan diamanahkan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia baik sektor formal atau pekerja yang bekerja dengan perjanjian kerja dan maupun pekerja informal atau bukan penerima upah bekerja mandiri untuk menghasilkan penghasilan untuk diri sendiri, seperti pedagang.

Pada kesempatan tersebut, bagi para masyarakat atau pedagang di pasar Taman yang melakukan pendaftaran pada hari ini mendapatkan berbagai hadiah menarik.
 
"Sebab program BPJS Ketenagakerjaan memberi banyak manfaat seperti jaminan pengobatan kecelakaan kerja unlimited hingga sembuh dan bisa kerja kembali," Kata Dewo.
 
Menurut dia, di pasar Taman ini potensinya sangat besar tidak hanya pedagang, juga petugas kebersihan, tukang parkir dan plus keluarganya.

Selain itu, para pedagang pasar di Kecamatan Taman juga diharapkan sudah melek edukasi tentang Jaminan Sosial BPJamsostek.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023