Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur terus berupaya untuk membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif yang ada di kabupaten setempat pada kegiatan "Majafest 2023" yang berlangsung di Lapangan Kawiryan, Desa Pacing, Bangsal.
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto, Kamis mengatakan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yakni 3-5 Agustus 2023 yang diharapkan bisa membangkitkan seni budaya dan ekonomi kreatif di Kabupaten Mojokerto.
 
Mengusung tema 'Harmoni Nusantara', dalam gelaran tersebut dimeriahkan berbagai acara yang menarik dikunjungi.
 
"Mulai dari pameran ekonomi kreatif, festival 100 Bantengan, seni Reog Ponorogo, barongsai, penampilan berbagai musik keroncong, campursari, dan Ludruk Karya Budaya," ujarnya.
 
Menariknya, kata dia, pelaksanaan Majafest 2023 kali ini juga dilaksanakan pemecahan rekor MURI Tari Bedoyo Putri Mojosakti oleh 500 penari dari SMA dan SMK di Kabupaten Mojokerto.
 
Selain itu, lanjut dia, ada pemilihan duta wisata Gus dan Yuk tahun 2023 Kabupaten Mojokerto, Festival Sambel Wader, dan ditutup dengan "Mojokerto Tourism Award" yakni penghargaan kepada para pegiat pariwisata yang dimeriahkan penampilan Gildcoustic dan Alffy Rev.
 
Majafest yang sudah berlangsung selama tiga tahun ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto untuk bangkit lebih cepat dari semua dampak pandemi COVID-19, mulai dari bangkitnya ekonomi kreatif hingga seni budaya setempat.
 
"Maka tahun 2021 kami mengangkat coklat dan kopi, kemudian di tahun 2022 mengangkat batikan dan juga tentunya yang tentu tidak pernah lepas dari berbagai ornamen yang berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Di tahun 2023 ini, memberikan ruang dan waktu yang lebih banyak untuk para seniman dan budayawan untuk kembali menunjukkan betapa luar biasanya budaya-budaya yang ada di Kabupaten Mojokerto," ucap Ikfina.
 
Ia juga meminta seluruh pemangku kepentingan dapat bergotong royong dalam membangun dan membangkitkan semua lini sehingga seluruh masyarakat di Kabupaten Mojokerto bisa lebih baik.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handito mengatakan "Majafest 2023" yang digelar selama tiga hari merupakan kegiatan kolaborasi sembilan OPD, yaitu Disbudporapar, Dinkes, Disperindag, Diskominfo, Satpol PP, BPBD, Diskop UKM, Dispendik dan bagian Prokopim.

"Titik beratnya pada wisata atraksi dengan tema yang diusung, yakni Harmoni Nusantara,” ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023