Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah tahun anggaran 2022.

Ketua DPRD Kabupaten Situbondo Edy Wahyudi, di Situbondo, Kamis, mengatakan, sesuai peraturan perundang-undangan kepala daerah punya kewajiban menyampaikan LKPJ APBD Tahun 2022 maksimal tiga bulan setelah masa tahun anggaran berakhir.

"Pak Bupati sudah menyerahkan dan menyampaikan dokumen LKPJ Tahun Anggaran 2022 kepada DPRD melalui forum paripurna. Setelah ini kami akan melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan mekanisme yang ada di DPRD," kata Edy.

Menurut dia, DPRD sudah menjadwalkan guna menindaklanjuti pembahasan LKPJ Tahun 2022, baik pembahasan di tingkat komisi maupun tingkat badan anggaran.

"Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan APBD 2022, seperti yang tercantum dalam LKPJ bupati. Mulai dari sisi pendapatan, belanja ataupun pembiayaan," ujar Edy.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD yang telah menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan secara optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah tahun anggaran 2022.

"Dilihat dari sisi belanja daerah terdapat realisasi belanja tahun anggaran 2022 sebesar Rp1,7 triliun lebih atau sebesar 90,88 persen dari pagu belanja sekitar Rp1,9 triliun lebih," ujarnya.

"Dari sisi pembiayaan daerah terdapat realisasi penerimaan pembiayaan sebesar Rp374 miliar lebih. Itu terdiri dari penggunaan silpa atau sisa anggaran tahun sebelumnya sebesar Rp374 miliar lebih dan penerimaan kembali pemberian pinjaman daerah sebesar Rp4 juta lebih," kata bupati.

Bupati Karna Suswandi menambahkan, LKPJ Tahun 2022 ini merupakan gambaran komitmen nyata pemerintah daerah untuk mewujudkan Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya) melalui RPJMD Kabupaten Situbondo Tahun 2021-2026.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi, dan turut dihadiri wakil ketua serta anggota DPRD Situbondo,Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, jajaran Forkopimda, Sekda, dan pimpinan OPD.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023