Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Madiun, Jawa Timur memberikan kemudahan layanan JKN-KIS melalui program pelayanan administrasi melalui Whatsapp atau "Pandawa" sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun Henri Army Iriawan mengatakan layanan Pandawa merupakan pelayanan administrasi yang meminimalisasi kontak fisik.

"Dengan hadirnya Pandawa diharapkan dapat mempermudah tata administrasi peserta dan calon peserta dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jadi tidak harus ke kantor, cukup menghubungi nomor kontak di layanan Whatsapp kami," kata Henri saat menyampaikan inovasi layanan Pandawa dalam kegiatan "Media Gathering" di Hotel Aston Madiun, Selasa.

Ia mengemukakan, untuk memanfaatkan layanan tersebut peserta dapat menghubungi di nomor Whatsapp 0852-3156-2209 dan peserta cukup menyampaikan keperluannya dalam "chat" yang tersedia dan nanti pihak petugas BPJS Kesehatan yang bertugas akan langsung mengarahkan.

"Dengan adanya Pandawa ini diharapkan dapat mengurangi risiko penyebaran COVID–19 di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Madiun," kata dia.

Henri mengatakan adapun layanan administrasi yang dapat dilayani melalui Pandawa, antara lain pengurangan anggota keluarga (meninggal); perubahan puskesmas, dokter, atau klinik; perubahan kelas rawat; perubahan identitas; dan pengaktifan atau penonaktifan WNI dari dan ke luar negeri.

Selain itu, layanan tersebut juga bisa membantu cetak kartu, pendaftaran PBPU Baru, Perubahan data PNS/TNI/Polri, pengaktifan kembali kartu anak PPU di bawah 21 tahun, dan pendaftaran bayi baru lahir.

Adapun layanan Pandawa mulai berlaku di BPJS Kesehatan Cabang Madiun pada pertengahan September 2020. Layanan tersebut dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

"Sejak dibuka pertengahan September lalu, lebih dari 80 orang peserta yang menggunakan layanan Pandawa tersebut setiap harinya. Diharapkan ke depan semakin banyak peserta dan calon peserta di Madiun dan sekitarnya yang memanfaatkan layanan Pandawa untuk kemudahan dan membatasi tatap muka dalam rangka mencegah COVID-19," terangnya.

Ia menambahkan, Pandawa hadir untuk melengkapi kanal-kanal pelayanan daring yang sudah ada dan pemanfaatannya telah lebih dulu disosialisasikan.

Adapun pelayanan BPJS Kesehatan secara daring lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, yakni aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan program CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor Whatsapp 08118750400.

Dengan adanya kanal-kanal pelayanan tersebut, lanjut dia, Kantor BPJS Kesehatan Madiun aktif memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dengan meniadakan pelayanan tatap muka sementara waktu selama pandemi.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020