Komisi Pemberantasan Korupsi menanamkan nilai antikorupsi sejak dini kepada ratusan siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar se-Kota Probolinggo dalam rangkaian kegiatan bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" yang digelar di Gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Rabu.

"Kami memberikan edukasi antikorupsi kepada anak-anak, melalui senam, permainan dan nonton film, sehingga anak-anak TK dan SD bisa mencerna dan memahami tentang nilai-nilai antikorupsi melalui permainan," kata Koordinator Lapangan Roadshow Bus KPK Epi Handayani di Kota Probolinggo.

Menurutnya edukasi yang didapatkan oleh anak-anak TK dan SD yakni senam yang berjudul "sahabat pemberani" yang memiliki pesan-pesan yang disampaikan melalui lirik dari lagunya, kemudian menonton bareng film yang mencerminkan kejujuran dan permainan "Tera Jana" tentang permainan kartu yang tertulis pesan-pesan antikorupsi, serta mendengarkan dongeng.

"Siswa-siwi SD dan TK secara bergantian memasuki area bus yang berfungsi sebagai media bagi KPK untuk melakukan sosialisasi dan edukasi antikorupsi," tuturnya.

Di dalam bus terdapat komputer yang memiliki aplikasi games antikorupsi dan buku pendidikan antikorupsi. Salah satu aplikasi games yakni nyontek, sahabat pemberani acak cerita, sahabat pemberani tangkap kata, sahabat pemberani boardgame, bolos sekolah, robot KPK dan tangkap koruptor.

Epi menjelaskan kegiatan itu sangat tepat untuk ditanamkan kepada pelajar TK dan SD tentang nilai-nilai antikorupsi seperti kejujuran, keberanian yang dicontohkan misalnya saat ujian tidak menyontek dan membuang sampah pada tempatnya.

"Itulah salah satu contoh nilai-nilai karakter antikorupsi yang kami tanamkan dengan cara yang menyenangkan dan tidak ada paksaan karena melalui metode pembelajaran seperti itu mengikuti pembelajaran seperti di negara-negara maju," katanya.

Petugas KPK juga memberikan pin yang bertuliskan "Berani Jujur Hebat", agar anak-anak TK dan SD akan selalu mengingatnya bahwa jujur akan menjadikan mereka anak hebat.

Baca juga: "Roadshow" Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, KPK sosialisasikan pendidikan antikorupsi di Kota Probolinggo
Baca juga: KPK terima banyak laporan korupsi di Probolinggo
Baca juga: KPK: Kepatuhan LHKPN pejabat Pemkot Probolinggo capai 97,92 persen

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019