Sidoarjo (Antara Jatim) - Samsat Kota Sidoarjo, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 700 buku yang ditempatkan di pojok baca sebagai upaya membantu masyarakat menambah wawasan, saat sedang mengurus surat-surat pajak kendaraan mereka.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi, Himawan Bayu Aji, Senin mengatakan, dengan adanya pojok baca yang berada di kantor Samsat Kota Sidoarjo ini diharapkan bisa membantu masyarakat menambah wawasan mereka.

"Ada berbagai macam jenis buku yang ditempatkan di pojok baca ini dan setiap waktu tertentu akan diperbarui untuk menambah koleksi yang ada di tempat ini," ujarnya di sela meresmikan pojok baca Samsat Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Ia mengemukakan, untuk saat ini para pengunjung hanya bisa membaca di lokasi saja, tanpa bisa dipinjam untuk dibawa pulang seperti perpustakaan pada umumnya.

"Pengunjung hanya bisa membaca saja, karena buku yang ditempatkan di tempat ini tidak untuk dipinjam dan dibawa pulang seperti halnya perpustakaan umum lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, ada beberapa jenis buku yang bisa dibaca di tempat ini seperti, seperti buku tentang hukum, pengetahuan umum dan juga beberapa majalah yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Jadi masyarakat yang sedang menunggu mengurus surat-surat mereka bisa memanfaatkan pojok baca ini dengan maksimal," katanya.

Ia mengatakan, di tempat itu juga disediakan beberapa unit komputer yang bisa digunakan untuk browsing dan juga mencari beberapa informasi yang diperlukan selama menunggu surat-surat mereka diselesaikan.

"Kami berharap apa yang sudah kami lakukan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk menambah ilmu dan wawasan mereka," katanya.

Sementara itu, salah seorang salah seorang pengunjung Nana M mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya tambahan fasilitas baru ini karena bisa memberikan efek positif kepada masyarakat yang sedang menunggu antrean pengurusan surat-surat kendaraan mereka.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena bisa memberikan manfaat tambahan kepada masyarakat, karena kalau lama-lama menunggu kan rasanya juga jenuh," ujarnya
Video oleh: Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017