Pamekasan (Antara Jatim) - Balai Pemasyarakatan Pamekasan mengadakan Bimbingan Kemandirian Pelatihan Refleksi Bagi Klien di lembaga itu selama dua hari, yakni pada 29 hingga 30 Agustus 2017.

Kegiatan diikuti 25 orang klien yang diawali dengan pengenalan refleksi yang langsung dilanjutkan dengan praktik. 

"Kegiatan ini diharapkan para klien memiliki kemampuan dan kemandirian sehingga dalam proses integrasi ketengah masyarakat lebih mudah dilakukan," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Giri Purbadi, dalam acara penutupan kegiatan itu, Rabu.

Oleh karena itu, sambung dia, para peserta diimbau mampu memanfaatkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dengan sebaik-baiknya.

Ia menjelaskan, manfaat yang akan dirasakan juga cukup besar bagi peserta pelatihan dan sudah mampu memiliki dasar yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan sehingga pada akhirnya dapat membantu keluarga dengan hasil keterampilan dari pijat refleksi ini.

Selama pelatihan, peserta terlihat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan instruktur.

Bimbingan Kemandirian Pelatihan keterampilan oleh Bapas Pamekasan kali ini, bukan yang pertama kali. Sebelumnya institusi ini juga menggelar pelatihan mengemudi, dan pembinaan mental keagamaan bekerja sama dengan salah satu pondok pesantren di Pamekasan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017