Pamekasan (Antara Jatim) - Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) XI Madura, Jawa Timur, Kholilurrahman , mendorong pemkab setempat membantu pengembangan objek wisata desa, sebagai upaya pengembangan destinasi wisata.

"Pemkab perlu turun tangan membantu pengembangan objek wisata desa, karena kemampuan keuangan desa terbatas," katanya di Pamekasan, Sabtu.

Kholilurrahman mengemukakan hal ini, menanggapi geliat pengembangan objek wisata desa di Pamekasan belakangan  ini, salah satunya objek wisata alam Bukit Brukoh di Desa Bajang, Kecamatan Pakong yang berjarak sekitar 15 kilometer ke arah utara Kota Pamekasan.

Objek wisata Bukit Brukoh ini merupakan objek wisata baru yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di desa itu.

Kholilurrahman bahkan menyempatkan diri mampir ke objek wisata itu dan mengaku kagum dengan upaya pengembangan yang dilakukan oleh aparat desa setempat.

Para pengunjung yang datang ke Bukit Brukoh ini, bisa melihat pemandangan Kota Pamekasan dari kejauhan, sekaligus bisa menikmati matahari terbit dan terbenam di bukit ini.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, Pulau Madura sebenarnya memiliki banyak objek wisata.

Hanya saja, pengelolaannya belum optimal. Maka, sambung dia, jika ada desa yang memiliki semangat untuk mengelola potensi objek wisata yang ada di desa itu, hendaknya diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Kholil yang juga Bupati Pamekasan Periode 2008-2013 ini lebih lanjut menjelaskan, pengembangan objek wisata alam sebenarnya sangat potensial dalam ikut mengembangan perekonomian masyarakat sekitar.

"Sebab, apabila sebuah objek wisata itu maju, maka dampak secara ekonomi juga akan dirasakan oleh masyarakat sekitarnya," kata Kholilurrahman, menerangkan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017