Ribuan pemuda kirab bendera Merah Putih raksasa di Kediri

id bendera merah putih ,kota kediri ,pemkot kediri ,Kirab merah putih raksasa

Ribuan pemuda kirab bendera Merah Putih raksasa di Kediri

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat ikut kirab bendera Merah Putih dari depan Balai Kota Kediri menuju Gunung Klotok Kediri, Jawa Timur, memperingati HUT Ke-74 RI, Jumat (16/8/2019). (ANTARA Jatim/Asmaul Chusna)

Kediri (ANTARA) - Lebih dari 2.000 pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, Jawa Timur, serta sejumlah organisasi masyarakat lainnya melakukan kirab Merah Putih ukuran raksasa dari Balai Kota Kediri menuju puncak kawasan Gunung Klotok Kediri, Jumat dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Seluruh pemuda bisa bersatu ikut serta membawa bendera Merah Putih.

"Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena kegiatan ini bisa terlaksana atas inisiasi dari pemuda di Kota Kediri. Alhamdulillah kegiatan ini dicontoh kota lain," katanya di Kediri, Jumat.

Mas Abu, sapaan akrabnya menambahkan melalui kegiatan ini pemuda bisa mewarisi nilai-nilai para pejuang. Para pemuda rela berjalan di terik matahari, mencurahkan seluruh tenaganya untuk mengibarkan bendera. Namun, ia tetap meminta semua tertib dan mematuhi aturan lalu lintas serta menghormati pengguna jalan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan para peserta melakukan kirab mulai dari Balai Kota Kediri hingga area Goa Selomangleng Kediri. Nantinya, ada tim yang dipersiapkan untuk memasang bendera merah putih di Gunung Klotok Kediri.

"Yang menaikkan tim pecinta alam didampingi Perhutani dan dari Brigif. Keselamatan tetap diutamakan, jadi melibatkan dari Brigif juga. Nanti bendera dipasang selama satu bulan," kata dia.

Ketua KNPI Kota Kediri Reza Darmawan menambahkan tim yang bertugas untuk menaikkan bendera sudah mempersiapkan diri dengan baik. Selain dari Kediri, ada juga beberapa dari luar kota yang turut serta dalam kegiatan ini. Ukuran bendera Merah Putih itu adalah 20x30 meter dan semua dinaikkan dan dipasang di Gunung Klotok Kediri.

"Jadi malam mulai siap. Yang naik ada 100 orang para pecinta alam. Nanti semua bendera dikibarkan," kata Reza.

Dalam kegiatan itu, selain diikuti para pemuda yang tergabung di KNPI, juga terdapat para pelajar dan beberapa kelompok masyarakat lainnya. Rombongan paskibraka juga ikut serta. Mereka naik mobil lalu diiringi rombongan para pemuda yang membawa bendera dari depan halaman Balai Kota Kediri ke Gunung Klotok Kediri.

Selain dihadiri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, juga Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Forkopimda Kota Kediri, KNPI Kota Kediri, perwakilan LVRI, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, camat dan tokoh agama.
 
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar