Nikmatnya Sensasi Masakan Lele di Warunk Lebong Jember

id warunk lebong,menu lele,lebong jember,olahan lele

Nikmatnya Sensasi Masakan Lele di Warunk Lebong Jember

Menu lele saos telur asin di Warunk Lebong Jember (istimewa)

Kami juga punya slogan untuk sajian menu lele di Warunk Lebong, yakni cara beda makan ikan lele, karena kreasi dan rasa masakan yang disajikan benar-benar beda
Jember - Siapa yang tidak kenal dengan ikan berkumis yang mudah dijumpai di pasar tradisional dan memiliki kandungan gizi tinggi, ya benar ikan lele yang merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia untuk berbagai olahan masakan.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak menyukai ikan air tawar tersebut karena memiliki rasa yang khas dan rasanya gurih hanya dengan digoreng saja, serta memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan di antaranya rendah kalori, sumber protein lengkap, dan mengandung asam lemak sehat (omega -3 dan omega-6).

Di Kabupaten Jember terdapat sebuah warung yang menyajikan berbagai aneka masakan olahan lele mulai dari digoreng, dibakar, berkuah, penyet, dan masih banyak varian rasa yang ditawarkan di "Warunk Lele Kobong" atau yang biasa dikenal dengan Warunk Lebong yang berada di Jalan Tidar, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, tersebut.

"Kami menyajikan berbagai menu olahan lele dengan varian yang bisa dipilih oleh pengunjung, namun menu spesial yang ditawarkan adalah lele bakar madu pedas yang menginspirasi nama Warunk Lebong yang artinya lele kobong (bakar)," kata pemilik Warunk Lebong pasangan suami istri, yakni Rakhmad Habibi dan Indah.

Menurutnya, ikan lele yang disajikan di Warunk Lebong merupakan jenis ikan lele organik yang dibudidayakan di kolam sendiri, sehingga  terjaga kualitas pakannya dan sehat dikonsumsi oleh konsumen dari berbagai kalangan mulai anak-anak hingga orang tua.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan berkumis tersebut juga berasal dari rempah-rempah asli Indonesia  yang semakin menambah kelezatan aneka olahan lele, bahkan selalu ada menu masakan olahan lele baru yang dikreasikan oleh pemilik pengusaha kuliner asal Jember tersebut, sehingga semakin menambah banyaknya varian olahan lele yang bisa dipilih pengunjung.

Indah mengatakan, lele organik tersebut diolah dengan proses yang benar, kemudian diolah dengan menggunakan bumbu spesial dari rempah-rempah Indonesia, dan melewati dua kali pengolahan penggorengan dan bakar yang higienis, sehingga prosesnya membutuhkan waktu agak lama karena menggunakan lele yang fresh dari kolam.

"Kami juga punya slogan untuk sajian menu lele di Warunk Lebong yakni cara beda makan ikan lele karena kreasi dan rasa masakan yang disajikan benar-benar beda dengan lele yang biasa dijumpai di sejumlah rumah makan yang berada di Jember," tuturnya.

Berbagai menu masakan lele yang disajikan yakni lele bakar madu pedas, lele goreng original (Leor), lele penyet sambal bawang (Lenyet),  lele filet saos teriyaki, lele mangut kuah santan, lele saos asam manis, lele saos lada hitam, lele saos telur asin, lele sambal  ijo (Lejo), lele sambal pecak dan lele goreng crispy (Lepy), namun tidak hanya sajian lele yang disajikan di Warunk Lebong karena menu berbahan dasar ayam dan belut juga ada.
Menu lele saos manis di Warunk Lebong Jember (istimewa)


Harganya pun cukup terjangkau yakni kisaran Rp10.000 hingga Rp20.000 per porsi, bahkan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa juga ada menu paket kenyang dengan harga yang cukup murah yakni Rp5.000 (nasi+lele mini+sambal), sehingga makan di Warunk Lebong tetap ramah di kantong, namun sensasi nikmatnya olahan lele maknyus.

Untuk melengkapi sajian menu makanan berbahan dasar lele, pengusaha kuliner Warunk Lebong juga menyediakan berbagai menu minuman yang disajikan hangat, panas, dingin, dan aneka jus yang semakin menambah kenikmatan saat menyantap masakan lele tersebut.

Salah seorang pengunjung, Aysha, merasa puas makan di warung aneka olahan lele yang berada di Jalan Tidar tersebut karena bebagai masakan lele yang disajikan rasanya maknyus dan harganya pun terjangkau, sehingga menjadi salah satu tempat makan yang selalu dikunjungi bersama keluarganya.

"Bumbu rempahnya sangat meresap dan rasa madunya juga terasa ketika lele bakar madu pedas digigit, sehingga sensasi rasa pedas, manis, dan gurih menyatu di dalam mulut hingga kunyahan terakhir," tutur karyawan swasta di Jember itu.

Nah bagi anda yang singgah di Kabupaten Jember, tidak ada salahnya untuk mencicipi aneka masakan berbahan lele organik yang lezat nan bergizi tinggi di Warunk Lebong yang menawarkan cara beda makan lele yang istimewa tersebut.(*)
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar