PDAM Kota Malang Antisipasi Penurunan Debit Air

id PDAM Kota Malang,Penurunan Debit Air,Kemarau Panjang

PDAM Kota Malang Antisipasi Penurunan Debit Air

Ilustrasi - Sungai di Ponorogo Mengering. Memasuki musim kemarau banyak sumber air termasuk sungai di Ponorogo yang sudah mulai mengering. Antara Jatim/Siswowidodo/zk/17

Malang (Antaranews Jatim) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang menyiapkan langkah antisipatif akibat kemarau panjang yang menyebabkan debit air di sumber-sumber mata air di wilayah Kota Malang mengalami penurunan, sehingga mengganggu pasokan air minum masyarakat.

Asisten Manager Hubungan Masyarakat PDAM Kota Malang Machfiyah mengatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan PDAM Kota Malang untuk menyuplai kebutuhan air minum masyarakat Kota Malang antara lain dengan menyiapkan pelayanan mobil tangki yang akan menyalurkan air minum kepada masyarakat terdampak.

"Akibat kemarau, yang berimbas pada kecilnya debit air. Guna antisipasi pelayanan, kami menyiapkan pelayanan mobil tangki," kata Machfiyah kepada Antara, Rabu.

PDAM Kota Malang telah mengeluarkan imbauan khususnya untuk masyarakat Kota Malang melalui media sosial terkait penurunan debit air dari sumber-sumber mata air yang ada. Salah satu imbauan yang dikeluarkan PDAM Kota Malang dengan meminta masyarakat untuk menampung air secara cukup.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, masyarakat bisa mengajukan permintaan air jika di daerah terdampak mengalami kekurangan air, dengan mengirim pesan melalui applikasi Whatsapp ke nomor 0816550800, dengan format yang sudah ditentukan. Pasokan air akan dikirimkan oleh PDAM Kota Malang kurang lebih sebanyak 4.000 liter.

Beberapa daerah yang terdampak akibat penurunan debit air di wilayah Kota Malang antara lain adalah, wilayah Jalan Bunga-Bunga, wilayah Mayjend Panjaitan, wilayah Perumahan Sawojajar, wilayah Perumahan Borobudur, wilayah Jalan Kawi, wilayah Cengger Ayam, dan beberapa wilayah lainnya.

Area pelayanan PDAM Kota Malang mencakup 80 persen luas wilayah Kota Malang yakni kurang lebih sebesar 110 kilometer persegi, dari luas total sebesar 145,3 kilometer persegi. Sementara untuk cakupan pelayanan, mencapai 843.858 jiwa atau 80 persen dari jumlah total penduduk Kota Malang.

Beberapa area yang menjadi lokasi sumber air Kota Malang antara lain adalah Sumber Wndit, Sumber Binangun Lama, Sumber Karangan, Sumber Banyuning, Sumur Badut, Sumur Sumber Sari, Sumur Istana Diend, Mulyorejo, dan Tlogomas. Total produksi air pada September 2018 mencapai 1.610,73 liter per detik.

Selain itu, tercatat ada sebanyak 41 reservoir atau penampungan air PDAM Kota Malang. Beberapa diantaranya adalah Buring Atas dengan kapasitas 1.000 meter kubik, Citra Garden sebesar 500 meter kubik, Jabalnur 1.000 meter kubik, Buring Bawah V 2.660 meter kubik, Joyo Agung II sebesar 2.500 meter kubik.

Dari total 41 reservoir atau penampungan air tersebut memiliki total volume mencapai 40.271 meter kubik.(*)

Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar